Ikan Bandeng, Hidangan Sehat Saat Imlek

Ikan Bandeng, Hidangan Sehat Saat Imlek
Ilustrasi ikan panggang. Foto: Pixabay

jpnn.com - Selain kue keranjang, salah satu tradisi yang ada di Indonesia saat perayaan Imlek adalah makan ikan bandeng.

Ikan yang merupakan jenis ikan air asin ini memang menjadi santapan wajib saat Imlek. Enak dan tentunya sangat kaya akan gizi!

Makan ikan bandeng saat Imlek memang bukan tradisi yang mendunia. Melansir dari berbagai sumber, tradisi memakan ikan bandeng saat tahun baru Cina ini hanya dilakukan di kalangan Tionghoa yang ada di pulau Jawa.

Makan ikan bandeng saat Imlek merupakan proses akulturasi budaya antara Cina dan Betawi. Ini karena ikan bandeng juga identik dengan budaya Betawi sejak lama.

Hanya saja, masih banyak yang tidak suka dengan ikan yang sangat populer di Asia Tenggara ini. Biasanya orang tidak suka ikan bandeng karena durinya yang kecil dan banyak, kadang-kadang berbau lumpur atau tanah.

Alasan banyaknya duri-duri kecil inilah yang membuat orang kemudian berkreasi menciptakan bandeng presto.

Manfaat sehat ikan bandeng

Mengutip keterangan dr. Vito A. Damay Sp.JP M.Kes FIHA FICA dari KlikDokter, aneka macam ikan laut seperti salmon, sardin, mackerel atau tuna memiliki banyak kandungan omega 3.

Salah satu hidangan khas saat Imlek adalah bandeng. Ikan yang durinya cukup mengganggu ini ternyata bermanfaat untuk kesehatan.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News