Ikhbar dari PBNU: Besok Awal Puasa Ramadan 1440 H

Ikhbar dari PBNU: Besok Awal Puasa Ramadan 1440 H
Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) telah menetapkan awal Ramadan 1440 Hijriah jatuh pada Senin besok (6/5). Keputusan itu merupakan hasil Tim Rukyatulhilal NU di sejumlah wilayah.

Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj menyatakan, hasil rukyat jajarannya di Pantai Condro Dipo di Gersik dan Pantai Tanjung Kodok, Lamongan telah melihat hilal setinggi 5 derajat. Tim rukyat lainnya di Pelabuhan Ratu, Sukabumi juga melihat hilal telah wujud di posisi 5 derajat.

Baca juga: Ikhbar dari PBNU: Besok Awal Puasa Ramadan 1440 H

“Ini ikhbar, awal Ramadan 1440 H jatuh pada hari Senin tanggal 6 Mei 2019," ujar Kiai Said dalam jumpa pers di PBNU, Minggu (5/5) sore. Sekjen PBNU Helmy Faishal Zaini juga ikut mendampingi Kiai Said dalam jumpa pers itu.

Kiai Said juga menyampaikan imbuannya terkait datangnya Ramadan. Kiai kelahiran 3 Juli 1953 di Cirebon, Jawa Barat itu mengajak umat Islam terutama kalangan nahdiyin untuk memperbanyak ibadah.

Selain itu, Kiai Said juga mengajak umat Islam bisa menjaga diri. “Termasuk di medsos,” tuturnya. Baca juga: Para Ulama Pendukung 01 dan 02 Bersatu Sambut Ramadan

Hasil rukyatulhilal PBNU itu sejalan dengan hisab PP Muhammadiyah yang jauh-jauh hari sebelumnya telah menetapkan awal Ramadan 1440 H pada 6 mei 2019. Karena itu, umat Islam malam ini sudah bisa melaksanakan Salat Tarawih.(ara/jpnn)


Berdasar hasil rukyatulhilal di sejumlah wilayah, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menetapkan awal Ramadan 1440 Hijriah jatuh pada Senin besok (6/5).


Redaktur & Reporter : Antoni

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News