Iklan Lifebuoy Berbahaya Bagi Psikologis Anak

Iklan Lifebuoy Berbahaya Bagi Psikologis Anak
Iklan Lifebuoy Berbahaya Bagi Psikologis Anak
IKLAN berhadiah dalam sabun Lifebuoy yang ditayangkan berulang-ulang di media elektronik sangat berdampak buruk pada perkembangan psikologis anak-anak di rumah. Saya yakin banyak orang tua di seluruh Indonesia mengalami kejadian seperti yang pernah terjadi di rumah saya.

Setiap ada sabun mandi Lifebuoy, anak-anak berupaya untuk mencari hadiah dalam fisik sabun. Caranya dengan memotong sabun mandi menjadi dua, atau melubangi fisik sabun sambil mencari-cari hadiah uang yang dijanjikan. Sebab, dalam tayangan pada iklan TV itu diperlihatkan begitu mudahnya mendapatkan uang dalam sabun mandi.

Pengaruh iklan ini luar biasa besar dalam psikoligis anak-anak. Betap tidak, anak-anak yang berumur 3-10 tahun sudah disuguhi kebohongan betapa mudahnya mencari uang. Saya khawatir, mindset anak-anak di Indonesia memilik kecendrungan sama. Mencari uang dengan mudah dengan jalan mengundi nasib, salah satunya dengan membeli sabun Lifebuoy.

Pola pikir seperti ini menjadi berbahaya. Sebab tidak memberikan ruang yang baik bagi kreativitas anak serta setiap hari mencuci otak anak-anak dengan sikap yang salah. Saya berharap, Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) atau Komisi Perlindungan Anak Nasional bias menyikapi masalah ini. Saya mengharapkan agar iklan-iklan di media massa, khususnya elektronik tidak lagi ditayangkan. Minimal ada regulasi pemerintah yang jelas agar tidak merusak perkembangan psikologis anak.

Terima kasih

IKLAN berhadiah dalam sabun Lifebuoy yang ditayangkan berulang-ulang di media elektronik sangat berdampak buruk pada perkembangan psikologis anak-anak

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News