Indonesia-Liberia Sepakati Berbagai Kerjasama Bilateral

Indonesia-Liberia Sepakati Berbagai Kerjasama Bilateral
Indonesia-Liberia Sepakati Berbagai Kerjasama Bilateral
JAKARTA - Hari ini Menteri Luar Negeri (Menlu) Marty Natalegawa bertemua dengan Menlu Liberia, Augustine. K. Ngafuan dalam Sidang Komisi Bersama (SKB) Indonesia-Liberia. SKB yang digelar di kantor Kementerian Luar Negeri (Kemlu), Pejambon, Jakarta Pusat itu membahas kerjasama bilateral antara kedua negara.

"Ini merupakan tindak lanjut dari berbagai komitmen dan kesepakatan Presiden RI dan Presiden Liberia dalam kunjungan bersejarah Presiden RI ke Monrovia tanggal 31 Januari–2 Februari 2013 lalu," ujar Direktur Informasi dan Media Kemlu PLE Priatna dalam siaran pers yang diterima JPNN, Senin (25/3).

Kerjasama yang disepakati dalam SKB meliputi sektor perdagangan dan investasi. Indonesia dan Liberia  setuju  untuk meningkatkan promosi usaha dan interaksi antara pejabat pemerintah dan pengusaha di kedua negara. Selain itu di bidang industri, kedua negara sepakat untuk meningkatkan kegiatan capacity bulding dan saling berbagi pengetahuan terkait teknik industri. Khususnya untuk industri pembuatan furnitur, tekstil dan garmen, pengolahan makanan dan kelapa sawit, pertanian (khususnya peningkatan produksi beras) perikanan (khususnya budidaya ikan/aquaculture), pengelolaan sumber daya kelautan dan pengolahan makanan berbasis ikan.

"Di bidang politik dan keamanan, Indonesia-Liberia sepakat saling dukung dalam berbagai forum internasional, kerjasama pendidikan dan pelatihan diplomat, kepolisian, lemhanas, dan dukungan RI pada penguatan kapasitas peace keeping mission," lanjut Priatna.

JAKARTA - Hari ini Menteri Luar Negeri (Menlu) Marty Natalegawa bertemua dengan Menlu Liberia, Augustine. K. Ngafuan dalam Sidang Komisi Bersama

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News