Indonesia Utus 12 Siswa Ikut Olimpiade Matematika di India

Indonesia Utus 12 Siswa Ikut Olimpiade Matematika di India
12 siswa SD diberangkatkan ke Lucknow, India, mengikuti International Mathematics Competition. Foto: Mesya Mohammad/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Sebanyak 12 siswa sekolah dasar dari berbagai daerah diberangkatkan ke Lucknow, India, hari ini (24/7).

Mereka akan berkompetisi di ajang India International Mathematics Competition (InIMC) jenjang SD. Kegiatan ini berlangsung tujuh hari dari 25 Juli hingga 31 Juli di Lucknow, India.

Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Hamid Muhammad mengungkapkan, Matematika merupakan mata pelajaran dasar untuk semua mata pelajaran. InIMC 2017 merupakan ajang matematikan internasional yang diikuti 41 negara .

"Olimpiade Matematika Internasional tahun ini lebih baik karena pesertanya 41 negara. Semakin banyak negara yang ikut makin baik karena lebih kompetitif," kata Hamid saat melepas para peserta olimpiade, Senin (24/7).

Dia meminta agar 12 siswa yang diutus ini bisa meraih medali emas sebanyak-banyaknya. Seperti capaian lima siswa di Olimpiade Fisika Internasional (IPhO) 2017 yang sukses menggondol dua emas dan tiga perak.

"Tanamkan di pikiran untuk mendapat emas sebanyam-banyaknya. Perkara nanti capaiannya tidak terealisasi urusan belakangan. Yang penting mental juara harus ada di siswa Indonesia," ujar Hamid.

Dalam olimpiade ini, siswa-siswi yang terpilih berasal dari anak-anak OSN dan anak-anak yang memiliki potensi di bidang matematika.

Tim ini telah mendapatkan pembinaan selama dua tahap. Tahap pertama pada 15 sampai 21 Juni di Jakarta. Tahap dua pada 19 sampai 24 Juli. (esy/jpnn)

Sebanyak 12 siswa sekolah dasar dari berbagai daerah diberangkatkan ke Lucknow, India, hari ini (24/7).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News