Industri AMDK Seksi, BUMN Bangun Pabrik di Surabaya

Industri AMDK Seksi, BUMN Bangun Pabrik di Surabaya
Air galon kemasan. Foto: dok pri

jpnn.com, JAKARTA - PT Indra Karya (Persero) membangun pabrik di Surabaya, Jawa Timur, karena bisnis air minum dalam kemasan (AMDK) di Indonesia masih sangat seksi.

Direktur Utama PT Indra Karya (Persero) Milfan Rantawi mengatakan, pabrik AMDK itu akan dibangun bekerja sama dengan anak usaha PT Pelindo III (Persero).

Yakni, PT Pelindo Energi Logistik (PEL) dan SIER (Surabaya Industrial Estate Rungkut).

’’SIER ada lahan dan gedung, tinggal pasang mesin. Pasarnya besar. Dari Pelindo III saja sudah besar,’’ ujar Milfan, Kamis (22/11).

Saat ini perkembangan pembangunan pabrik itu masih dalam tahap kajian kelayakan alias feasiblity study (FS).

Pabrik tersebut akan memiliki kapasitas sekitar lima ribu galon per hari pada tahap awal. Rencana operasional pada Maret 2019.

Pada enam bulan pertama, utilisasinya baru mencapai 50 persen. Lalu, pada bulan ketujuh, utilisasi meningkat menjadi 100 persen.

’’Untuk tahap awal kami belum menyasar segmen ritel, tetapi ke instansi pemerintah atau kementerian dan sesama BUMN dahulu untuk tes pasar. Pada tahun ketiga, baru kami berani head-to-head dengan swasta,’’ imbuh Milfan. (vir/c4/fal)

PT Indra Karya (Persero) membangun pabrik di Surabaya, Jawa Timur, karena bisnis air minum dalam kemasan (AMDK) di Indonesia masih sangat seksi.


Redaktur & Reporter : Ragil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News