Industri Kerajinan dan Kreatif Jadi Penopang Ekonomi

Industri Kerajinan dan Kreatif Jadi Penopang Ekonomi
Jokowi saat membuka International Handicraft Trade Fair (Inacraft) ke-19 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat, Rabu (26/4). Foto: Biro Pers

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi)  meyakini, industri kerajinan dan kreatif akan membawa peranan penting dalam menunjang perekonomian di Indonesia.

Sebab, perkembangan industri kerajinan dan kreatif nasional bervariasi serta tumbuh secara menakjubkan.

"Saya meyakini bahwa masa depan Indonesia akan ada di industri kerajinan dan industri kreatif. Ini saya yakini," ujar Jokowi saat membuka International Handicraft Trade Fair (Inacraft) ke-19 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat, Rabu (26/4).

Menurut dia, Indonesia memiliki banyak perajin kecil dan besar yang dapat menghasilkan karya-karya berkualitas internasional.

"Mulai kerajinan tangan, film, musik, ada aplikasi digital. Modelnya banyak yang unik karena dikerjakan oleh tangan dan kualitasnya sudah berada pada sebuah standar yang sangat baik," ujar mantan wali kota Surakarta itu.

Namun, usaha di sektor industri kerajinan dan industri kreatif bukan tanpa kendala. Tantangan yang dihadapi para pengusaha adalah soal promosi dan pemasaran.

Karenanya, Jokowi mengajak para perajin dan pengusaha untuk terus berinovasi dalam menggencarkan promosi.

 Salah satunya dengan memanfaatkan teknologi informasi untuk menjangkau pembeli.

Presiden Joko Widodo (Jokowi)  meyakini, industri kerajinan dan kreatif akan membawa peranan penting dalam menunjang perekonomian di Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News