Industri Sepeda Motor Setor Pajak Rp 27 Triliun

Industri Sepeda Motor Setor Pajak Rp 27 Triliun
Ilustrasi. Foto: Indopos/JPNN

jpnn.com - JAKARTA – Ketua Umum Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) Gunadi Sindhuwinata mengatakan, kebijakan pemerintah untuk mendorong iklim usaha merupakan kunci utama menjadikan Indonesia sebagai basis utama produksi sepeda motor global.

Kini, ekspor sepeda motor dari Indonesia baru mencapai 300 ribu unit per tahun. Artinya, baru sekitar lima persen dari total produksi dan penjualan nasional yang sudah mencapai sekitar enam juta unit per tahun.

’’Kita ekspor ke beberapa negara sampai ke Eropa dengan standar emisi gas buang yang lebih tinggi, Euro 4. Walaupun masih kecil, menjadi bukti standar produksi dan produk negara kita sudah diakui secara global,’’ katanya.

Saat ini, industri sepeda motor nasional menyumbang sekitar 29 persen terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Dengan asumsi total pasar dalam negeri enam juta unit dan harga rata-rata Rp 15 juta, total penjualan motor mencapai Rp 90 triliun per tahun.

Dengan angka penjualan itu, pajak secara total dibayarkan dari industri sepeda motor nasional kepada negara mencapai Rp 27 triliun.

Nominal tersebut masuk sebagai lima besar sektor industri penyumbang pajak tertinggi.

Dalam ajang IMOS 2016, setiap pabrikan memamerkan produk unggulannya dan beberapa di antaranya bahkan memperkenalkan jenis baru.

JAKARTA – Ketua Umum Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) Gunadi Sindhuwinata mengatakan, kebijakan pemerintah untuk mendorong iklim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News