Ingat, Bu Susi Berpesan agar Setiap Orang Makan 47 Kg Ikan

Ingat, Bu Susi Berpesan agar Setiap Orang Makan 47 Kg Ikan
Susi Pudjiastuti. Foto: Miftahulhayat/dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti terus menggenarkan sosialisasi agar warga makin gemar makan ikan. Targetnya, setiap penduduk bisa mengonsumsi ikan hingga 47 kilogram per tahun.

Susi mengatakan hal itu usai mendampingi Presiden Joko Widodo mencicipi berbagai jenis masakan berbahan ikan dalam final lomba Memasak Ikan se-Nusantara di Istana Merdeka Jakarta, Selasa (15/8).

Merujuk data Badan Pusat Statistik (BPS), Susi mengatakan bahwa angka pertumbuhan anak-anak tidak normal paling besar di daerah dengan konsumsi ikan rendah. Yakni kurang dari 31 kg per tahun. "Ikan begitu penting dari bagian pertumbuhan anak-anak," ucap Susi.

Nah, pada 2015-2016, pemerintah berhasil meningkatkan angka konsumsi ikan masyarakat dari rata 36 kg menjadi 43 kg per tahun. Kenaikannya sudah tujuh kilogram.

“Target kita 2017 ini naik menjadi 47 kilogram. Kalau ditotal  penduduk Indonesia, kita perlu 750 ribu ton ikan lagi untuk bisa dimakan oleh bangsa kita," tuturnya.

Susi menambahkan, angka BPS menunjukkan bahwa kurang makan ikan itu membuat pertumbuhan badan terganggu. Akibatnya, perkembangan otak juga tidak optimal.(fat/jpnn)


Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti terus menggenarkan sosialisasi agar warga makin gemar makan ikan. Targetnya, setiap penduduk


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News