Ingat! Gunung Kerinci Tetap Milik Jambi Bukan Sumbar

Ingat! Gunung Kerinci Tetap Milik Jambi Bukan Sumbar
Gunung Kerinci di Jambi. Foto: JPG

jpnn.com, JAMBI - Belakangan publik ramai membicarakan soal peta Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) yang di dalamnya memasukkan kawasan Gunung Kerinci dan Gunung Tujuh ke dalam wilayah Sumbar.

beberapa hari terakhir ini menjadi viral di media sosial (medsos).

Imbasnya, muncul kegelisahan dari para netizen Provinsi Jambi yang menyebut ada upaya dari Sumbar untuk mencaplok wilayah tersebut yang notabene brand Provinsi Jambi.

Hanya, sejauh ini belum diketahui tahun berapa peta tersebut dibuat dan untuk kepentingan apa.

Penilaian itu tentu cukup masuk akal. Pasalnya, sebelumnya ada upaya untuk membuka jalur pendakian Gunung Kerinci via Solok Selatan, Sumbar.

Padahal, sudah ada jalur utama pendakian via Kersik Tuo, Kerinci.

Bupati Kerinci Adirozal menyatakan, Pemerintah Kabupaten Kerinci tidak perlu terlalu serius dalam menanggapi isu klaim dari Sumatera Barat bahwa Gunung Kerinci dan Gunung Tujuh termasuk wilayah mereka.

"Tidak usah resah, tidak semudah itu memindahkan. Peta wilayah dibuat Kementerian Dalam Negeri. Hingga sejauh ini, belum ada laporan dari pusat akan dipindah. Namanya saja sekarang masih Gunung Kerinci, bukan Gunung Solok," terangnya.

Belakangan publik ramai membicarakan soal peta Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) yang di dalamnya memasukkan kawasan Gunung Kerinci dan Gunung Tujuh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News