Ingat Pesan Gus Sholah: Demo Tolak Hasil Pemilu Bukan untuk Bela Islam

Ingat Pesan Gus Sholah: Demo Tolak Hasil Pemilu Bukan untuk Bela Islam
KH Salahuddin Wahid (Gus Sholah). Foto: Gunawan Wibisono/JawaPos.Com

jpnn.com, JAKARTA - Mantan Wakil Ketua Komnas HAM KH Salahuddin Wahid (Gus Sholah) mengajak masyarakat mewaspadai aksi demo menolak hasil Pemilu 2019. Pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang itu juga meminta masyarakat menjaga keamanan di lingkungan masing-masing.

Gus Sholah mengatakan, demonstrasi menolak hasil Pemilu 2019 terpusat di Jakarta. Karena itu, masyarakat di daerah tak perlu ikut-ikutan.

“Kalau tidak perlu enggak usah keluar rumah. Yang demo itu kan memang mereka yang punya tujuan demo, bahkan ada yang bilang bahwa yang demo dari luar Jakarta,” ujarnya seperti diberitakan JawaPos.Com, Rabu (22/5).

Baca juga: Saran Gus Sholah agar Demo Rusuh Tak Berkepanjangan

Adik kandung KH Abdurrahman Wahid alias Gus Dur itu juga menganggap demo penolakan atas hasil Pemilu 2019 bukanlah gerakan membela Islam. Gus Sholah menegaskan, semua kontestan Pilpres 2019 beragama Islam.

“Ini enggak ada kaitan dengan bela Islam. Peserta pemilu keduanya Islam. Kiai Ma’ruf (Cawapres KH Ma’ruf Amin, red) kurang Islam apa?” ujarnya.

Karena itu Gus Sholah meyakini aksi demonstrasi di depan Bawaslu tidak ada kaitannya sama sekali dengan agama. “Ini hanya soal ketidakpuasan terhadap hasil Pilpres 2019,” tuturnya.

Baca juga: SBY Puji Pidato Kemenangan Jokowi, Lega Prabowo Tak Menyimpang dari Konstitusi

Mantan Wakil Ketua Komnas HAM KH Salahuddin Wahid (Gus Sholah) mengajak masyarakat menjaga keamanan di lingkungan masing-masing dan mewaspadai gerakan demo menolak hasil Pemilu 2019.

Sumber JawaPos.Com

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News