Ingat, Teror ke Aktivis Antikorupsi di Era Presiden SBY Juga Tak Terungkap

Ingat, Teror ke Aktivis Antikorupsi di Era Presiden SBY Juga Tak Terungkap
Koordinator ICW Adnan Topan Husodo dalam diskusi bertema 'Cerita Novel, KPK dan Pansus DPR' di Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (5/8). Foto: Ricardo/JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Teror terhadap upaya pemberantasan korupsi tidak hanya terjadi di era Presiden Joko Widodo. Sebab, teror serupa pernah terjadi di era Presiden RI Keenam Susilo Bambang Yudhoyono.  

Teror itu pernah menimpa aktivis Indonesia Corruption Watch (ICW) Tama S Langkun pada 8 Juli 2010.  “Sampai hari ini pelaku tidak terungkap,” kata Koordinator ICW Adnan Topan Husodo dalam diskusi Cerita Novel, KPK dan Pansus DPR di Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (5/8).

Kasus Tama dianggap mirip dengan teror yang dialami penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan di Kelapa Gading, Jakarta Utara pada 11 April 2017. Novel yang sedang jalan kaki menuju rumahnya setelah salat subuh di masjid, disiram air keras oleh pelaku yang menaiki sepeda motor.

Sedangkan Tama saat mengalami teror juga sedang berupata membongkar rekening gendut petinggi Polri. “Laporan sudah ke KPK, namun ada sedikit kecerobohan dari kami sehingga informasi itu bocor,” paparnya.
           
Menurut Adnan, saat itu kelompok tertentu yang mengintai Tama sudah teridentifikasi. Bahkan, Tama saat berada di luar kantor ICW sering dibuntuti orang tidak kenal.

Menurut Adnan, saat itu sudah ada informasi intelijen yang memberikan warning kepada ICW untuk waspada. “Itu juga disampaikan tim dari kepolisian,” katanya.
           
Namun, serangan tetap terjadi kepada Tama. Menurut Adnan, penyerangan dilakukan dengan profesional. Waktu yang dipilih adalah malam hari di lokasinya yang gelap.

“Dari sisi skill, mereka sangat profesional. Sudah jatuh dari sepeda motor, mereka bisa kembali berdiri dan kabur,” ujarnya. 

Adnan menambahkan, kala itu target pelaku teror adalah menghabisi Tama. Sebab, pelaku yang menggunakan tiga sepeda motor juga membawa samurai.

“Tapi, ada campur tangan Tuhan yang membuat upaya mereka gagal. Begitu eksekusi, ada kendaraan lewat yang memergoki aksi dan mereka kabur,” katanya.
           
Lebih lanjut Adnan mengatakan, SBY yang saat itu menjadi presiden juga sudah sempat menjenguk Tama. Bahkan, SBY sudah menyampaikan sebuah  pernyataan keras bahwa cara-cara seperti ini harus dihilangkan.

Teror terhadap upaya pemberantasan korupsi tidak hanya terjadi di era Presiden Joko Widodo. Sebab, teror serupa pernah terjadi di era Presiden RI

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News