Ingat! Tidak Ada Jalur Tes PPDB

Ingat! Tidak Ada Jalur Tes PPDB
Sudah tidak ada jalur tes PPDB. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, MADIUN -  Pemprov Jatim resmi menghapus jalur tes penerimaan peserta didik baru (PPDB) tingkat SMA/SMK negeri tahun ini.

Sehingga, sekolah dilarang membuka jalur tes. ‘’Tidak ada jalur tes. Sebagai gantinya bisa lewat jalur prestasi atau bidikmisi,’’ kata Kepala Cabang Dinas Pendidikan Jatim Wilayah Ponorogo Bambang Supriyadi, seperti diberitakan Radar Madiun (Jawa Pos Group).

Menurut dia, saat ini jalur tes sudah tidak relevan. Sebab, pelaksanaan ujian nasional (UN) sudah semakin tertib dan disiplin.

Nilai UN dianggap sudah mewakili kemampuan peserta. Utamanya, siswa yang melaksanakan ujian nasional berbasis komputer (UNBK).

Sehingga, dibedakan antara siswa yang UNBK dan UNKP alias kertas dan pensil. Namun, nilai keduanya dianggap sama-sama mewakili.

‘’Saat ini kecurangan pelaksanaan UN sudah semakin sulit. Jadi nilai yang dihasilkan kami anggap sudah mewakili,’’ terangnya.

Sebagai gantinya, pemprov menyiapkan empat jalur. Yakni, jalur prestasi, mitra warga, bidikmisi, dan inklusif. Jalur prestasi untuk pelajar berprestasi akademik maupun nonakademik. Kuotanya lima persen dari pagu masing-masing sekolah.

Nilai prestasi diutamakan dari tingkat tertinggi. Mulai internasional, nasional, provinsi, hingga kabupaten/kpta. ‘’Prestasi hanya untuk kejuaraan yang digelar dinas pendidikan (dindik) atau kementerian pendidikan. Di luar itu tidak dipakai,’’ jelasnya.

 Pemprov Jatim resmi menghapus jalur tes penerimaan peserta didik baru (PPDB) tingkat SMA/SMK negeri tahun ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News