Berbagai Manfaat Matahari Bagi Kesehatan

Berbagai Manfaat Matahari Bagi Kesehatan
Ilustrasi. Foto: Pixabay

jpnn.com - Anggapan bahwa sinar matahari berbahaya bagi kesehatan tak sepenuhnya salah. Terlalu banyak terpapar sinar ultraviolet memang dapat menyebabkan kanker kulit.

Namun, sinar matahari yang banyak mengandung UV hanya pada waktu tengah hari. Di luar itu, sinar matahari justru bermanfaat bagi kesehatan.

Berikut ini beberapa manfaat sinar matahari untuk kesehatan, seperti dilansir laman Care2, Senin (17/7):

1. Sinar matahari bermanfaat bagi penderita Alzheimer

Penelitian klinis telah menunjukkan bahwa paparan sinar spektrum penuh sepanjang hari (sinar matahari) ditambah dengan kegelapan di malam hari bisa membantu memperbaiki beberapa aspek agitasi pengurang penyakit alzheimer, meningkatkan efisiensi tidur dan mengurangi aktivitas malam hari pada pasien penderita alzheimer.

2. Sinar matahari bisa menurunkan risiko multiple sclerosis

MS lebih sering terjadi pada populasi yang hidup lebih jauh dari khatulistiwa. Orang yang berpindah dari daerah berisiko rendah ke daerah berisiko tinggi sebelum usia 15 tahun memiliki risiko pengembangan MS yang lebih tinggi, sedangkan mereka yang melakukan langkah yang sama setelah remaja memiliki risiko lebih rendah.

Penelitian menemukan bahwa paparan lingkungan, khususnya, paparan sinar matahari dini (yang berkorelasi dengan tingkat vitamin D) dalam dua dekade pertama kehidupan, memengaruhi risiko pengembangan MS.

Anggapan bahwa sinar matahari berbahaya bagi kesehatan tak sepenuhnya salah. Terlalu banyak terpapar sinar ultraviolet memang dapat menyebabkan kanker

Sumber Care2.com

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News