Ini Langkah Pertama Korut Mengakhiri Program Nuklirnya

Ini Langkah Pertama Korut Mengakhiri Program Nuklirnya
Salah satu rudal baru Korea Utara dipamerkan dalam parade hari ulang tahun Kim Il Sung. Foto: Reuters

jpnn.com - Pemerintah Jepang berjanji akan memberikan bantuan dana senilai 2 juta pound sterling untuk setiap inspeksi internasional terhadap fasilitas nuklir Korea Utara (Korut).

Seperti dilansir dari The Independent pada Senin (12/3), kebijakan ini dikeluarkan dalam upaya untuk mendorong Pyongyang menghentikan program nuklirnya.

Tokyo membuat keputusan itu setelah Pyongyang mengeluarkan isyarat mengurangi persenjataannya dan meminta pembicaraan langsung dengan Presiden AS Donald Trump.

Trump sepakat untuk bertemu dengan Pemimpin Korut Kim Jong Un dalam sebuah pertemuan yang diperkirakan akan berlangsung pada bulan Mei. Korut sepakat untuk menghentikan semua uji coba nuklir lebih lanjut.

Langkah pertama bagi Korut untuk mengakhiri program nuklirnya adalah mengizinkan inspektur dari Badan Energi Atom Internasional untuk menginspeksi fasilitas nuklirnya saat ini.

Jepang telah menawarkan untuk membayar 2 juta pound sterling guna mendanai pekerjaan yang diperkirakan menghabiskan biaya hingga 2,7 juta pound sterling ini seperti dilansir Japan Times, Senin, (12/3).

Menteri Luar Negeri Jepang Taro Kono dan Direktur Jenderal International Atomic Energy Agency (IAEA) Yukiya Amano telah sepakat di Wina bulan lalu untuk menjalin kerja sama yang lebih erat, dengan harapan dapat melanjutkan pemeriksaan fasilitas nuklir Korut tersebut.

Langkah tersebut dipandang sebagai upaya untuk tetap berada dalam rencana, setelah Korea Selatan (Korsel) mengajukan perundingan antara Trump dan Korut.

Langkah pertama bagi Korut untuk mengakhiri program nuklirnya adalah mengizinkan inspektur dari Badan Energi Atom Internasional untuk menginspeksi

Sumber Jawapos.com

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News