Ini Manfaat Musik Untuk Anak

Ini Manfaat Musik Untuk Anak
Drama musikal Aladdin yang dibawakan dalam bahasa Inggris oleh siswa SD Global Sevilla. Foto: GSS for JPNN

jpnn.com - Tak hanya orang dewasa yang bisa memperoleh manfaat dari musik, anak-anak juga. Dr. Fiona Amelia, MPH dari KlikDokter mengungkap bahwa musik sangat bermanfaat bagi otak anak. Menurutnya, pada anak yang aktif diperdengarkan musik atau bermain musik sejak dini, jumlah sinaps (hubungan antar sel otak) lebih banyak daripada anak yang tidak terbiasa dengan musik.

"Bermusik dapat meningkatkan jumlah sinaps dan aktivitas antar kedua belahan otak, sehingga kerja otak menjadi lebih cepat, efektif, dan kreatif," ujar dr. Fiona.

Tak hanya itu, musik juga dapat membantu mengembangkan area otak yang terlibat dalam keterampilan berbahasa, matematika dan berlogika. Karena itu, musik bisa digunakan untuk mengajari anak hal-hal baru.

“Ketika anak lagi suka mengoceh, mengajarkan hal kecil seperti menyanyi bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan, Di saat bersamaan bisa mengajarkannya konsep atau kosakata baru,” kata dr. Fiona.

Jika anak Anda masih di dalam kandungan, manfaat mendengarkan musik pun bisa diperoleh saat ia besar nanti. Menurut dr. Sepriani Limbong dari KlikDokter, mendengarkan musik klasik dapat meningkatkan kecerdasan spasial anak, khususnya bila didengarkan saat hamil.

“Itu karena musik klasik mengaktifkan regio di otak yang mengatur kecerdasan spasial, yaitu kemampuan memahami ruang serta kemampuan matematika. Anak yang diperdengarkan musik klasik akan mampu menyelesaikan permainan yang menuntut kecerdasan spasial seperti puzzle.”

Musik sudah menjadi salah satu kebutuhan manusia. Anda bisa menyanyi, menari, dan menghasilkan seni lainnya karena musik. Penelitian di atas memberikan angin segar, bahwa musik memang berguna untuk mendorong proses kognitif otak seseorang, sehingga dapat menyerap informasi baru dan meningkatkan konsentrasi. Carilah musik yang Anda sukai, dengan begitu, musik dapat membantu Anda dalam banyak hal.(RS/ RVS/klikdokter)


Penelitian di atas memberikan angin segar, bahwa musik memang berguna untuk mendorong proses kognitif otak seseorang, sehingga dapat menyerap informasi baru dan meningkatkan konsentrasi


Redaktur & Reporter : Yessy

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News