Ini Rumdin Guru SD Negeri, Bukan Rumah Hantu

Ini Rumdin Guru SD Negeri, Bukan Rumah Hantu
Salah satu unit Rumdin Guru yang sangat memrihatinkan di Nanga Kompi, Kecamatan Sayan, Kabupaten Melawi, Jumat (25/8). Foto: EMBANG FOR RAKYAT KALBAR

jpnn.com, MELAWI - Kondisi Rumah Dinas (Rumdin) guru SD Negeri 5 Nanga Kompi, Kecamatan Sayan, Kabupaten Melawi, Kalbar, sungguh memprihatinkan.

Rumah itu terkesan angker dan kumuh.Sebagian besar lantai sudah raib, dinding jebol di sana sini. Daun pintu dan jendela entah kemana.

Sementara tiangnya sudah banyak yang condong. Sedangkan atapnya tinggal menunggu waktu untuk kandas di bumi.

“Tidak bisa ditempati lagi. Kerusakannya sudah sangat parah, perlu segera dibangun baru,” kata Embang, Kepala Desa (Kades) Nanga Kompi, kepada wartawan di Nanga Pinoh, seperti diberitakan Rakyat Kalbar (Jawa Pos Group).

Melihat Rumdin guru yang sudah reyot itu, Embang sebenarnya tidak tinggal diam. Ia sangat prihatin melihat tenaga pendidik harus pulang pergi dengan jarak yang cukup jauh, lantaran Rumdin-nya tidak bisa ditinggali.

“Kami sudah berusaha mengusulkan pembangunan Rumdin guru SD Negeri 5 Nanga Kompi ini kepada Dinas Pendidikan. Namun hingga sekarang belum juga terealisasi,” ungkap Embang.

Dia sangat berharap, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Melawi dapat memerhatikan kondisi Rumdin guru, khususnya di daerah terpencil seperti Nanga Kompi ini.

“Bagaimana guru kita di daerah mau betah tinggal mengajar, sementara rumah dinasnya saja tidak layak huni,” tutur Embang.

Kondisi Rumah Dinas (Rumdin) guru SD Negeri 5 Nanga Kompi, Kecamatan Sayan, Kabupaten Melawi, Kalbar, sungguh memprihatinkan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News