Ini yang Terjadi Setelah Anda Minum Sekaleng Soda, Waspada!

Ini yang Terjadi Setelah Anda Minum Sekaleng Soda, Waspada!
Minuman bersoda. Foto IST

jpnn.com - Soda adalah jenis minuman yang cukup populer. Kehadirannya yang dengan mudah ditemukan dalam berbagai event, membuat minuman yang satu ini cukup populer di kalangan anak muda.

Rasanya yang manis dengan sensasi soda yang menggelitik juga membuat soda memiliki banyak penggemar termasuk Anda. Namun tahukah Anda apa yang terjadi pada tubuh Anda satu jam setelah Anda meminumnya?

Dalam 10 sampai 15 menit pertama minum cola, usus Anda mengalirkan gula ke darah Anda yang bisa meningkatkan kadar glukosa/gula darah.

Pankreas Anda mengeluarkan insulin untuk membantu mengangkut gula (yang merupakan karbohidrat) ke otot Anda untuk peningkatan energi. Tetapi soda itu sendiri mengandung lebih banyak gula daripada yang dibutuhkan otot Anda.

"Ketika seseorang minum soda 20-ons, mereka mendapatkan beban karbohidrat seluruh makanan melalui cairan," kata Meltem Zeytinoglu, MD, MBA, seorang endokrinologi dan asisten profesor kedokteran di University of Chicago Medicine, seperti dilansir laman MSN, Minggu (13/1).

"Dalam kebanyakan kasus, soda ini dikonsumsi sebagai tambahan makanan, sehingga karbohidrat tambahan perlu diproses. Gula ekstra ini, bukannya disimpan dalam jaringan otot namun diubah menjadi lemak di hati," tambah Zeytinoglu.

Ginjal Anda juga ikut bermain dengan membantu membuang kelebihan gula melalui urin Anda.

Itu berarti tubuh Anda kehilangan air yang bersama dengan efek diuretik kafein dalam soda, meningkatkan risiko dehidrasi.

Dalam 10 sampai 15 menit pertama minum soda, usus Anda mengalirkan gula ke darah Anda yang bisa meningkatkan kadar glukosa/gula darah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News