Inilah 10 PTN Terbanyak Menerima Peserta SBMPTN Jalur Bidikmisi

Inilah 10 PTN Terbanyak Menerima Peserta SBMPTN Jalur Bidikmisi
Mahasiswa. Ilustrasi Foto: Dipta/dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Jumlah peserta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) lewat jalur Bidikmisi mengalami peningkatan dibanding tahun lalu. Bila tahun lalu hanya disiapkan 60 ribu, tahun ini meningkat menjadi 80 ribu.

Menurut Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir, jumlah peserta Bidikmisi tah‎un ini melebih kuota yakni 80 ribu. Itu sebabnya tahun depan, pemerintah meningkatkan jumlah menjadi 90 ribu.

"Peminat Bidikmisi sangat banyak. Tahun ini dari 80 ribu yang disiapkan, sudah melebihi kuota," kata Nasir di kantornya, Senin (12/6).

Untuk menangani kelebihan kuota, Menteri Nasir memberikan keleluasaan kepada masing-masing PTN membuat kebijakan agar mahasiswa yang tidak mampu dan memenuhi syarat bisa ter-cover.

"Bisa menggunakan sumber daya dari luar, misalnya kerja sama dengan pihak swasta, alumni, dan lainnya," ujarnya.

Adapun 10 PTN yang menerima peserta SBMPTN Bidikmisi terbanyak adalah Universitas Negeri Padang, Universitas Negeri Gorontalo, Universitas Malikussaleh, Universitas Halu Oleo, Universitas Negeri Semarang, Universitas Trunojoyo, Universitas Jember, Universitas Negeri Surabaya, Universitas Sebelas Maret, dan Universitas Pendidikan Indonesia.

Bidikmisi adalah bantuan biaya pendidikan bagi calon mahasiswa tidak mampu secara ekonomi dan memiliki potensi akademik. (esy/jpnn)

 


Jumlah peserta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) lewat jalur Bidikmisi mengalami peningkatan dibanding tahun lalu. Bila tahun


Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News