Inilah 12 Tokoh Penerima Bhinneka Tunggal Ika Award 2017

Inilah 12 Tokoh Penerima Bhinneka Tunggal Ika Award 2017
Politikus PDIP Ahmad Basarah mewakili Megawati menerima Bineka Tunggal Ika Award 2017 yang diserahkan Dirut LKBN Antara Meydiatama Suryodiningrat, Senin (22/5). Foto: M Fathra/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Sebanyak 12 orang tokoh menerima penghargaan Bineka Tunggal Ika Award 2017 dari LKBN Antara dan Lembaga Pemilih Indonesia (LPI), di Jakarta, Senin (22/5).

Direktur LPI Boni Hargens mengatakan penghargaan tersebut diberikan kepada para tokoh sebagai bentuk apresiasi atas upaya mereka menjaga keutuhan NKRI.

"Ini bentuk apresiasi supaya seluruh masyarakat bangkit dan terlibat dalam menjaga masa depan bangsa dan negara ini,” ujar Boni.

Pemberian award tersebut, menurut dia dilakukan melalui beberapa tahap menggunakan metode kualitatif. Awalnya, ada 30 tokoh yang dipilih sebagai kandidat penerima penghargaan.

Setelah melalui serangkaian penilaian dari tim khusus terdiri dari lima orang akademisi yang ditunjuk LPI, ditetapkan 12 penerima award.

Boni menjelaskan, kriteria penilaian dari tim antara lain terkait kemampuan kognitif, psikomotorik dan afektif, Kemudian tindakan konkret untuk tujuan menjaga NKRI dan Bineka Tunggal Ika.

Lalu terkait sikap terhadap organisasi-organisasi radikal yang bertentangan dengan Pancasila dan UUD 1945. Berikutnya, memiliki keteladanan dalam menegakkan prinsip Ketuhanan dalam bingkai

Demokrasi Pancasila."Kemudian komitmen pada kemanusiaan, menjaga persatuan, memperjuangkan keadilan," kata Boni menjelaskan kriteria penilaian.

Sebanyak 12 orang tokoh menerima penghargaan Bineka Tunggal Ika Award 2017 dari LKBN Antara dan Lembaga Pemilih Indonesia (LPI), di Jakarta, Senin

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News