Inilah 4 Khasiat Mengonsumsi Kunyit secara Rutin

Inilah 4 Khasiat Mengonsumsi Kunyit secara Rutin
Susu Kunyit. Foto: Vidyaliving.com

jpnn.com - Selain untuk bumbu masakan, kunyit juga memiliki khasiat untuk membantu tubuh agar tetap sehat dan bugar. Tak hanya itu, kunyit juga sudah digunakan untuk perawatan kecantikan sejak zaman dulu.

Namun hingga sekarang, kunyit juga masih digunakan sebagai obat. Berikut ini beberapa fakta tentang kunyit yang perlu Anda ketahui, seperti dilansir laman Cheat Sheet.

1. Mengurangi peradangan

Dalam pengobatan Ayurveda dan tradisional Tiongkok, kunyit sering digunakan sebagai antiinflamasi. Fakta Organik mengatakan bahwa konsumsi kunyit bisa membantu menenangkan masalah gastrointestinal termasuk konstipasi dan sindrom iritasi usus besar dan juga bisa membantu rasa sakit menstruasi seperti kram dan kembung. Karena banyak penyakit yang terkait dengan peradangan, kunyit jelas ada di radar masyarakat.

2. Mengurangi rasa sakit akibat artritis

Arthritis Foundation menyebutkan kunyit bisa mengurangi peradangan dengan cara yang meminimalkan rasa sakit dan kekakuan sendi bagi mereka yang menderita osteoarthritis dan rheumatoid arthritis. Satu meta analisis terbaru yang ditemukan kunyit mungkin bermanfaat untuk mengobati radang sendi.

3. Menurunkan kolesterol

Terlalu banyak kolesterol LDL membuat sulit bagi jantung kita untuk memompa darah ke seluruh tubuh kita yang bisa menyebabkan masalah kardiovaskular. University Health News mengatakan bahwa dengan mengonsumsi akar kunyit dan ekstrak akar kunyit, maka hal ini mungkin bisa mencegah oksidasi kolesterol jahat di tubuh dan menekan pembentukan plak di arteri. Kunyit juga bisa membantu mencegah produksi kolesterol di hati dan bisa menghentikannya agar tidak terserap ke dalam usus.

Hingga kini, kunyit dipercaya memiliki khasiat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh agar tetap bugar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News