Inilah Bakteri Penyebab Sinusitis pada Manusia

Inilah Bakteri Penyebab Sinusitis pada Manusia
Inilah Bakteri Penyebab Sinusitis pada Manusia
CALIFORNIA - Sudah lama diketahui bila di dalam tubuh manusia ada sejumlah bakteri, beberapa di antaranya dapat merugikan, sementara yang lainnya sama sekali tidak berbahaya. Salah satu bakteri tersebut Tuberculostearicum Corynebacterium yang selama ini diduga tidak berbahaya diduga menjadi penyebab di balik penyakit sinusitis kronis.

Ini diketahui dari hasil penelitian  tim ilmuwan dari University of California, San Francisco yang melakukan studi atas gejala pembengkakan dan nyeri berulang pada sinus yang mempengaruhi 10 persen orang Amerika setiap tahun. Bukti dari penemuan baru ini mengejutkan dan dilaporkan dalam jurnal Science Translational Medicine.

Seperti dijelaskan laman Redorbit, para peneliti menduga, sinusitis mungkin terkait dengan hilangnya keanekaragaman mikroba dalam kondisi normal dalam sinus setelah terjadinya infeksi dan kolonisasi bakteri Tuberculostearicum Corynebacterium.

Tim kemudian membandingkan komunitas mikroba dalam sampel  sinus dari sepuluh pasien dengan sinusitis  sepuluh orang yang sehat. Hasil perbandingan ini menunjukkan bahwa orang-orang dengan sinusitis tidak memiliki sejumlah bakteri yang muncul dalam sinus mereka yang sehat. Kelompok sinusitis juga mengalami peningkatan besar dalam jumlah Tuberculostearicum Corynebacterium bakteri dalam sinus mereka.

CALIFORNIA - Sudah lama diketahui bila di dalam tubuh manusia ada sejumlah bakteri, beberapa di antaranya dapat merugikan, sementara yang lainnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News