Inilah Foto Pertama Lubang Hitam Raksasa di Luar Angkasa

Inilah Foto Pertama Lubang Hitam Raksasa di Luar Angkasa
Inilah Foto Pertama Lubang Hitam Raksasa di Luar Angkasa

Selama ini, lubang hitam di luar angkasa atau black hole hanya berupa citra rekaan, bukan gambar yang sebenarnya. Kini untuk pertama kalinya para ilmuwan berhasil memotret pusat galaksi tersebut. Bagaimana caranya?

Foto Pertama Black Hole:

  • Para ilmuwan berhasil mengambil foto pertama lubang hitam (black hole) di luar angkasa, yaitu yang ada di pusat galaksi M87, "tetangga" galaksa Bima Sakti
  • Foto tersebut merupakan hasil dari gabungan berbagai teleskop di dunia selama tujuh tahun
  • Tampilan dalam foto ini memastikan kebenaran teori relativitas yang digagas Albert Einstein

Para ilmuwan dari berbagai negara secara simultan menggelar tujuh konferensi pers untuk mengumumkan keberhasilan mereka mengambil foto black hole. Salah satunya digelar di Yayasan Sains Nasional AS.

"Kita sudah begitu lama mempelajari lubang hitam sehingga sering lupa bahwa sebenarnya belum ada orang yang pernah melihatnya secara langsung," ujar France Cordova, direktur yayasan itu.

Keberhasilan mendapatkan foto dari black hole, kata Cordova, merupakan momen luar biasa dalam dunia astrofisika.

Foto tersebut menunjukkan adanya gas terang di sekeliling black hole, yang menyusut saat jatuh ke dalam lubang hitam raksasa.

Kejadian yang direkam oleh gabungan berbagai teleskop di dunia ini berada di pusat galaksi M87 yang berada di gugus galaksi Virgo, yang "bertetangga" dengan galaksi Bima Sakti.

Lokasi black hole ini berada 55 juta tahun cahaya dari Bumi dan diketahui memiliki massa 6,5 miliar kali lebih berat dari Matahari.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News