Survei Poltracking Indonesia

Inilah Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim Paling Diinginkan Publik

Inilah Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim Paling Diinginkan Publik
Wagub Jatim Saifullah Yusuf dan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas dalam acara Pramuka di Banyuwangi. Foto: source for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Poltracking Indonesia merilis survei terbaru terkait kandidat potensial Pilgub Jatim, dalam diskusi di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (11/6).

Hasil dari survei yang dilakukan pada 19-25 Mei 2017 dengan metode stratified multistage random sampling terhadap 800 respoden dan margin of error 3,5 persen, sudah bisa ditebak.

Dari paparan hasil survei yang disampaikan Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda, ada empat kandidat yang dijagokan, satu di antaranya sebagai calon wakil gubernur.

"Jika Pemilihan Gubernur Jawa Timur dilaksanakan sekarang (simulasi 18 kandidat), maka Saifullah Yusuf merupakan kandidat yang paling diinginkan publik untuk menjadi Gubernur Jawa Timur," kata Hanta Yuda.

Dalam rilis yang juga dihadiri Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto, Wakil Ketua Umum Gerindra Ferry Juliantono dan Sekjen PKB Abdul Kadir Karding, juga diperoleh nama yang paling diinginkan sebagai calon kandidat wakil gubernur, yakni Abdullah Azwar Anas (22,81 persen).

Gus Ipul, sapaan Saifullah sebenarnya tidak unggul mutlak. Sebab, ada dua kandidat yang menjadi pesaing beratnya dari survei tersebut, yakni Tri Rismaharini dengan elektabilitas 27,08 persen dan Khofifah Indar Parawansa (19,11 persen). Di bawahnya lagi ada Abdullah Azwar Anas (8,47 persen).

Dari sisi popularitas dan akseptabilitas pun, tiga nama yaitu Saifullah Yusuf, Tri Rismaharini dan Khofifah bersaing cukup ketat. Namun Gus Ipul paling diinginkan menjadi Gubernur dan Azwar Anas sebagai wakil. (fat/jpnn)


Poltracking Indonesia merilis survei terbaru terkait kandidat potensial Pilgub Jatim, dalam diskusi di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (11/6).


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News