Inilah Kolam Pemandian Putri Tujuh, Airnya Dipercaya Bikin Awet Muda

Inilah Kolam Pemandian Putri Tujuh, Airnya Dipercaya Bikin Awet Muda
Kolam Pemandian Putri Tujuh di area Istana Pangeran Adipati Mangkubumi di Gang Durian RT 13 Kecamatan Arsel, Pangkalan Bun, Kobar. Foto: Syamsudin/Radar Sampit/JPNN.com

jpnn.com - Anggota keluarga Pangeran Adipati Mangkubumi mandi di tempat ini, ratusan tahun silam. Kini, sudah menjadi tempat wisata. Airnya dipercaya berkhasiat. Orang mengenalnya dengan nama Kolam Pemandian Putri Tujuh.

SYAMSUDIN, Pangkalan Bun

Selain Istana Kuning yang merupakan salah satu landmark Kota Pangkalan Bun, ada satu lagi situs sejarah yang berdiri di Kotawaringin Barat (Kobar), Kalteng.

Situs itu bernama Istana Pangeran Adipati Mangkubumi, plus beberapa peninggalannya seperti Pemandian Putri Tujuh.

Lokasinya di tengah kota, di Jalan Pakunegara Gang Durian RT 13 Pangkalan Bun. Kondisi Istana Mangkubumi sendiri layaknya bangunan tradisional lain; berbentuk panggung dan berbahan kayu ulin serta beratap sirap.

Hanya sedikit perbedaan bentuk istana ini dengan rumah tradisional umumnya di Kalimantan.

Istana yang dulunya ditempati Pangeran Adipati Mangkubumi sebagai rumah pribadi itu, sekilas terlihat mempunyai arsitektur tradisional Jawa berbentuk limasan. Tampak jelas dari bangunan induk yang bagian belakang dan depan mirip hall atau balai pertemuan.

”Istana Pangeran Adipati Mangkubumi pada zaman dulu pernah ditempati dua putri Pangeran Ratu Anum Kasuma Yudha, yakni Ratu Kuning (Ratu Adipati Mangkubumi) dan Ratu Intan (Ratu Prabu),” tutur cucu Pangeran Adipati Mangkubumi, H Gusti Muhammad Yusuf dan buyutnya Gusti M Abdurahman yang disambangi Radar Sampit (Jawa Pos Group) kemarin (20/5).

Anggota keluarga Pangeran Adipati Mangkubumi mandi di tempat ini, ratusan tahun silam. Kini, sudah menjadi tempat wisata. Airnya dipercaya berkhasiat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News