Inilah Manfaat Diare yang Bikin Anda Terkejut

Inilah Manfaat Diare yang Bikin Anda Terkejut
Sakit perut atau diare. ILUSTRASI. Foto: Laman India Times

jpnn.com, JAKARTA - Ternyata, ada sejumlah hal mengejutkan yang tidak kita ketahui tentang diare. Apakah diare benar-benar membantu membersihkan bakteri yang menyebabkan infeksi gastrointestinal atau apakah itu hanya gejala penyakit yang harus dicegah?

Dalam sebuah studi baru dari Brigham and Women's Hospital, para peneliti mengeksplorasi mekanisme kekebalan yang mendorong diare dan mereka menyimpulkan bahwa diare memainkan peran penting dalam pembersihan patogen pada tahap awal infeksi.

Studi baru yang dipublikasikan di Cell Host dan Microbe juga mengungkap peran interleukin-22 yang sebelumnya tidak dikenal, sebuah molekul sistem kekebalan tubuh dalam pertahanan host terhadap infeksi.

"Hipotesis bahwa diare membersihkan patogen usus telah diperdebatkan selama berabad-abad," kata penulis studi utama, Jerrold Turner, MD, PhD, seperti dilansir laman India Times, Kamis (6/7).

"Dampaknya pada perkembangan infeksi usus masih kurang dipahami. Kami berusaha untuk menentukan peran diare dan melihat apakah hal tersebut benar-benar menunda pelepasan patogen dan memperpanjang penyakit," jelas Turner.

Untuk menyelidiki hal ini, peneliti menggunakan tikus yang terinfeksi dengan citrobacter rodentium, infeksi yang setara dengan infeksi E. coli.

Dengan menggunakan model ini, peneliti melihat adanya peningkatan permeabilitas penghalang usus hanya dalam waktu dua hari setelah infeksi, jauh sebelum peradangan dan kerusakan epitel.

Secara khusus, mereka menemukan peran penting interleukin-22 yang pada gilirannya memengaruhi molekul lain yang disebut claudin-2, sebelumnya diketahui terlibat dalam menyebabkan diare.

Ternyata, ada sejumlah hal mengejutkan yang tidak kita ketahui tentang diare. Apakah diare benar-benar membantu membersihkan bakteri yang menyebabkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News