Inilah Parpol yang Berhasil Rebut Simpati Emak-emak dan Wong Cilik di Pemilu 2019

Inilah Parpol yang Berhasil Rebut Simpati Emak-emak dan Wong Cilik di Pemilu 2019
Pemilu 2019. Foto ilustrasi: batampos/jpg

jpnn.com, JAKARTA - Kantung suara emak-emak dan wong cilik, juga menarik perhatian di Pileg 2019. Partai manakah yang berhasil meraih simpati pemilih di dua segmen itu?

Berdasar survei LSI Denny JA yang dirilis, Rabu (20/2), PDI Perjuangan lagi-lagi unggul. Partai berlambang banteng moncong putih itu unggul telak atas rival-rivalnya.

Kantung suara perempuan termasuk di dalamnya emak-emak yang berjumlah 50 persen dari total populasi berdasar survei LSI Denny JA, berhasil direbut PDIP.

Peneliti LSI Denny JA Rully Akbar mengatakan, PDIP meraih suara 22, 0 persen. "Kemudian di posisi runner up ada partai Golkar sebanyak 13,3 persen," katanya dalam rilis hasil survei terbaru LSI Denny JA, Rabu (20/2), di Jakarta.

Partai Gerindra hanya berada di posisi ketiga dengan raihan 12,3 persen. Sedangkan PKB di posisi keempat dengan perolehan suara 9,2 persen. Disusul Partai Demokrat 6,5 persen.

PKS berada di urutan selanjutnya dengan raihan 4,0 persen, PPP sebanyak 3,8 persen, Partai Nasdem 3,5 persen, Partai Perindo 2,6 persen, PAN 1,3 persen.

Partai lainnya yang mendapat dukungan di bawah satu persen yaitu Partai Hanura, Partai Berkarya, Partai Garuda, PSI, PBB, PKPI. "Pemilih emak-emak yang menyatakan tidak tahu, tidak jawab, belum memutuskan sebesar 20,6 persen," ujar Rully.

Hasil tracking survei per bulan LSI Denny JA sejak Agustus 2018 hingga Januari 2019 memperlihatkan, PDIP unggul di pemilih emak-emak. Golkar bersaing ketat denga Gerindra. PKS, Nasdem dan PPP bersaing ketat di pemilih emak-emak di luar partai lima besar.

Kantung suara emak-emak dan wong cilik, juga menarik perhatian di Pileg 2019. Partai manakah yang berhasil meraih simpati pemilih di dua segmen itu?

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News