Inilah Total Remisi yang Didapat Ahok

Inilah Total Remisi yang Didapat Ahok
'Ahok'. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pada perayaan Natal tahun ini, mantan Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok mendapat pengurangan masa hukuman berupa remisi khusus. Total, pemerintah memberikan remisi khusus kepada 11.232 narapidana.

Berdasar data Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjenpas) Kemenkum HAM, masa hukuman Ahok dipangkas satu bulan setelah mendapat remisi Natal. Kabaghumas Ditjenpas Ade Kusmanto mengatakan, ada dua pertimbangan sehingga instansinya memberikan remisi kepada Ahok.

Pertama, berkelakukan baik dan telah menjalani pidana lebih dari enam bulan. ”Kedua, tidak sedang menjalani hukuman disiplin dalam enam bulan terakhir,” ungkap Ade kepada Jawa Pos, Senin (24/12).

Selain itu, pemberian remisi juga merupakan hak Ahok sebagai warga binaan Ditjenpas Kemenkum HAM. Menurut dia, itu sudah sesuai dengan UU Nomor 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan. ”Bahwa setiap narapidana berhak mendapat remisi,” tambahnya.

Dengan remisi Natal tahun ini, total Ahok sudah mendapat remisi sebanyak tiga kali. Yakni pada Natal tahun lalu, Agustus tahun ini, serta Natal hari ini. ”Jadi, total remisi didapat tiga bulan 15 hari,” jelas Ade.

Mengingat Ahok sudah menjadi tahanan sejak 9 Mei 2017, remisi yang dia peroleh membantu dirinya bebas lebih cepat. Apabila tidak ada perubahan, dia sudah bisa keluar penjara pada 24 Januari 2019. (far/syn/agm)

 


Basuki Tjahaja Purnama alih Ahok mendapatkan remisi khusus para perayaan Natal tahun ini.


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News