Investor Tiongkok Bakal Gelontorkan Rp 13 T ke Morotai

Investor Tiongkok Bakal Gelontorkan Rp 13 T ke Morotai
Suasana Moro Ma Doto Resort & Spa di Desa Buho Buho, Morotai. Foto: from indopos

jpnn.com, JAKARTA - Destinasi Morotai bakal semakin menggeliat. Bukan hanya karena kegigihan pemerintah membenagi infrastruktur di Morotai, tapi juga karena akan ada investor yang mau masuk ke pulau di bibir Samudra Pasifik itu.

Kini, ada investor-investor besar uang mulai melirik potensi wisata di Morotai. Bahkan, sudah ada yang berkomitmen berinvestasi hingga Rp 13 triliun ke pulau yang telah masuk dalam daftar destinasi prioritas atau 10 Bali Baru itu.

Chairman PT Jababeka Darmono mengungkapkan, pihaknya dua pekan lalu telah ditandatangi memorandum of understanding (MoU) dengan salah satu investor yang dikenal sebagai pemain terbesar dari Tiongkok untuk bidang travel dan turisme. Investor itu telah memiliki 60 hotel berbintang di Tiongkok.

"Mereka berkomitmen akan membangun 300 kamar hotel dalam tempo satu tahun dan 100 vila di atas tanah seluas 100 hektare untuk pemulaan. Mereka ini terkenal mendatangkan banyak turis asal China ke seluruh dunia," ujar Darmono dalam acara peluncuran Calendar of Events Wonderful Morotai Island Festival (CoE WMIF) 2017 di Balairung Gedung Sapta Pesona, Kantor Kemenpar, Jumat (21/4).

Dia mengharapkan investor itu bisa segera masuk Morotai begitu ditetapkan sebagai kawasan ekonomi khusus (KEK).
"Juli nanti mudah-mudahan bisa sudah ada pencanangan KEK pariwisata di Morotai," kata Darmono.

Lebih lanjut Darmono mengatakan, investasi yang diadakan pada tahap pertama kurang lebih USD 100 juta atau setara Rp 1,3 triliun. Mereka berjanji akan bertahap menaikkan hingga menjadi USD 1 miliar atau setara Rp 13 triliun.

"Tentu, semua akan berjalan lancar kalau proyek pertama ini mereka merasa disambut dengan baik, didukung sepenuhnya, dan sukses mendatangkan wisman ke Morotai," tambah Darmono.

Sementara Kementerian Pariwisatan (Kemenpar) dan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah memberikan komitmen untuk memperbaiki bandara di Morotai. Runway atau landas pacu akan diperpanjang dan dilebarkan untuk memenuhi standar pesawat yang bisa membawa 130 penumpang.

Destinasi Morotai bakal semakin menggeliat. Bukan hanya karena kegigihan pemerintah membenagi infrastruktur di Morotai, tapi juga karena akan ada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News