IPPAT Jabar Berkomitmen Mengayomi Seluruh Anggota

IPPAT Jabar Berkomitmen Mengayomi Seluruh Anggota
Pengurus dan anggota IPPAT Jawa Barat. Foto: Istimewa

jpnn.com, BANDUNG - Pengurus Ikatan Pejabat Pembuat Akte Tanah (IPPAT) wilayah Jawa Barat berkomitmen akan menjalankan beberapa program prioritas, salah satu di antaranya pengayoman untuk para anggota. 

"Itu titik berat bahwa kami harus lebih memperhatikan anggota yang bermasalah yang perlu pendampingan di daerah. Saya selaku ketua pengurus wilayah akan aktif bertanya kepada seluruh koordinator wilayah. Jika ada anggota yang bermasalah, pengurus akan jemput bola sampai ke lokasi," kata Ketua Pengurus Wilayah IPPAT Jabar periode 2019-2021 Osye Anggandari, usai pengukuhan Pengurus IPPAT Jabar dalam siaran tertulisnya, Jumat (11/1).

Selain itu, Osye menambahkan, jajaran pengurus Pengwil IPPAT Jabar akan selalu melakukan sinergi dengan para stake holder jajaran Pemda, BPN, dan instansi pajak di lingkungan Pemda Jawa Barat. Dia juga bertekad kepengurusan yang baru terbentuk ini akan berupaya meningkatkan pengetahuan para anggota melalui berbagai pelatihan.

Pengukuhan Osye Anggandari sebagai Ketua Pengurus wilayah IPPAT Jawa Barat dilakukan oleh Ketua Umum PP IPPAT Julius Purnawan, SH, M.Si pada Konfrensi wilayah yang digelar pada 12 Desember 2018 lalu. Osye Anggandari ungul dari calon kandidat ketua lainnya yakni, Ana Wismayanti.

Sementara pada struktur kepengurusan Pengwil IPPAT Jabar ini duduk menjabat sebagai Sekretaris Yulia Mulyawati dan Bendahara Dra. Nitta Meilani Hadori, SH, MKn. Sedangkan susunan pengurus seluruhnya berjumlah 320 orang, 21 penasehat, dan 15 dewan pakar. Jumlah ini hampir 1/10 dari Notaris/PPAT yang ada di di Jabar yang seluruhnya berjumlah 4.000 orang atau meliputi 1/5 dari jumlah Notaris/PPAT di Indonesia.

Menurut Osye, kepengurusan IPPAT yang tersebar di 25 kota dan kabupaten seluruh Jabar ini adalah salah satu penyumbang PAD terbaik dari pajak BPHTB di daerah masing-masing.

Sementara itu, Ketua Umum PP IPPAT Junius Purnawan berharap dengan adanya MPPP Majelis Pembina dan Pengawas (MP3) PPAT yang dilantik oleh Menteri ATR pada 19 September 2018, bisa membawa PPAT lebih baik lagi. Dia juga mengimbau agar segera dibentuk MP3 di seluruh wilayah dan daerah di seluruh tanah air.

"Pembetukan MPPP sesuai dengan Permen ATR/Kepala BPN nomor 2 tahun 2018 tentang Pembinaan dan Pengawasan PPAT," ujar Julius yang juga menjabat selaku Wakil Ketua MPPP dari unsur IPPAT. (mg7/jpnn)


Pengurus Ikatan Pejabat Pembuat Akte Tanah (IPPAT) wilayah Jawa Barat berkomitmen akan menjalankan beberapa program prioritas.


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News