Italia Keluar dari Peringkat 10 FIFA

Italia Keluar dari Peringkat 10 FIFA
Italia Keluar dari Peringkat 10 FIFA

jpnn.com - ROMA - Kegagalan Italia di Piala Dunia Brasil 2014 ikut berdampak buruk bagi peringkat mereka di ranking FIFA (Federasi Sepak Bola Dunia). Ya, Gli Azzurri "julukan timnas Italia"harus rela turun lima peringkat setelah hanya bisa berlaga sebanyak tiga pertandingan di fase grup.

Sebelum Piala Dunia Brasil digelar, Italia masih nangkring di posisi sembilan peringkat dunia. Posisi tersebut pula yang membuat Gianluigi Buffon dan kawan-kawan menjadi favorit untuk membawa pulang gelar dari turnamen sepak bola terakbar setiap empat tahunan itu.
     
Sayang, tim besutan Cesare Prandelli itu tidak mampu menjawab eskpektasi publik Italia dengan hanya sampai di babak 16 besar. Pencapaian tersebut harus mereka terima setelah secara mengejutkan dihajar oleh Uruguay dan Kosta Rika di babak penyisihan grup D. Akibatnya, peringkat Italia langsung terjun bebas ke posisi 14 dunia.
    
"Itu adalah konsekuensi dari semua kegagalan yang kami hadapi kemarin (di Piala Dunia, Red). Tapi, bukan berarti kami harus menyerah, kami harus melihat semua nilai positif dari semua kegagalan," ujar Giancarlo Abete, Presiden FIGC (Federasi Sepak Bola Italia) kepada Sky Sport.
    
Peringkat 14 dunia tersebut juga menjadi peringkat terendah yang pernah dialami oleh Gli Azzurri sejak Oktober 2010 lalu. Ketika itu, peringkat Italia juga harus tereduksi setelah tereliminasi lebih awal di babak penyisihan grup di Piala Dunia Afrika Selatan 2010 lalu.
    
Memang, ketika Piala Dunia Brasil berakhir, secara otomatis juga mengubah posisi rengking 20 besar dunia. Jerman yang baru keluar sebagai juara berhasil naik satu peringkat ke posisi puncak. Sementara Argentina yang keluar sebagai runner up, naik tiga strip dari posisi lima dunia ke posisi dua.
    
Sementara juara Piala Dunia 2010 yang sebelum menduduki posisi teratas, harus rela tergurus tujuh tingkat ke peringkat delapan dunia. Fakta itu harus mereka terima setelah tidak mampu berbuat banyak di Piala Dunia. Sama dengan Italia, langkah Spanyol di Brasil juga hanya sampai di fase grup. (dik)


ROMA - Kegagalan Italia di Piala Dunia Brasil 2014 ikut berdampak buruk bagi peringkat mereka di ranking FIFA (Federasi Sepak Bola Dunia). Ya, Gli


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News