Jadi Dinas Besar tapi Dipimpin Pelaksana Tugas

Jadi Dinas Besar tapi Dipimpin Pelaksana Tugas
PNS. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pemerintah Kota Cirebon kini menjadi organisasi perangkat daerah (OPD) baru yang berskala besar.

Dinas tersebut berisi peningkatan status Kantor Lingkungan Hidup dan meleburnya Dinas Kebersihan dan Pertamanan.

Namun, dinas sebesar itu tidak memiliki pucuk pimpinan. Dalam mutasi kemarin, kursi Kepala DLH sengaja dikosongkan. Tentu bukan tanpa alasan hal itu dilakukan tim penilai kinerja Kota Cirebon.

Ketua Tim Penilai Kinerja Kota Cirebon Drs Asep Dedi MSi mengatakan, Kepala DLH sengaja dikosongkan. Untuk kegiatan sehari-hari, pucuk pimpinan dijabat Pelaksana Tugas (Plt) yang diemban Sekretaris DLH Ir Agung Sedijono MSi.

“Posisi Plt sama seperti Kepala DLH. Diperbolehkan mengatur keuangan dan kegiatan selama belum ada pucuk pimpinan,” terangnya kepada Radar Cirebon (Jawa Pos Group), Senin (16/1).

Pria berkacamata yang juga Sekretaris Daerah Kota Cirebon itu menjelaskan, DLH merupakan dinas besar dengan setumpuk kegiatan.

Namun, lanjut Asep Dedi, Pemerintah Kota (Pemkot) Cirebon memiliki berbagai pertimbangan saat mengambil kebijakan mengosongkan kursi Kepala DLH. Alasannya, dalam waktu dekat akan digelar open bidding atau lelang terbuka pejabat eselon dua. Waktunya sekitar bulan April atau Mei 2017.

Dalam kurun waktu beberapa bulan kedepan, akan ada pejabat eselon dua memasuki masa pensiun. Untuk itu, diperlukan pengisian jabatan dengan sistem open bidding.

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pemerintah Kota Cirebon kini menjadi organisasi perangkat daerah (OPD) baru yang berskala besar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News