Jadi Irup di HUT TNI, Jokowi Tegaskan Komitmen Berantas PKI

Jadi Irup di HUT TNI, Jokowi Tegaskan Komitmen Berantas PKI
Presiden Joko Widodo saat menginspeksi pasukan pada upacara HUT ke-73 TNI di Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat (5/10). Foto: setkab.go.id

jpnn.com, JAKARTA - Presiden RI Joko Widodo menegaskan komitmennya untuk memberantas komunisme dan ideologi yang mengancam Pancasila. Jokowi -panggilan akrabnya- menyampaikan hal itu saat menjadi inspektur upacara (irup) peringatan HUT Ke-73 TNI di Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat (5/10).

Jokowi menyatakan, dirinya sebagai panglima tertinggi bagi matra laut, darat dan udara memerintahkan semua anggota TNI senantiasa menjaga NKRI. Mantan gubernur DKI Jakarta itu juga menginstruksikan para prajurit TNI menjaga Pancasila, UUD 1945 dan Bineka Tunggal Ika.

"Bersama-sama saudara-saudara melawan ideologi lain selain Pancasila. Memberantas komunisme dan warisan PKI (Partai Komunis Indonesia, red)," ujar Jokowi di atas podium.

Menurut Jokowi, setiap anggota TNI harus memegang teguh Sumpah Prajurit. Dia juga mendoron TNI semakin profesional yang mendukung demokrasi dan pembangunan nasional. ”Serta memegang teguh prinsip politik negara sebagaimana diamanatkan Panglima Besar Jenderal Sudirman," kata Jokowi.(tan/jpnn)


Presiden RI Joko Widodo menegaskan komitmennya untuk memberantas komunisme dan ideologi yang mengancam Pancasila.


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News