Jadi Khatib Salat Ied, Ketum PPP Ingatkan Soal Bahaya Hoaks

Jadi Khatib Salat Ied, Ketum PPP Ingatkan Soal Bahaya Hoaks
Ketua Umum DPP PPP Romahurmuziy. FOTO: Dok. JPNN.com

jpnn.com, KEBUMEN - Ketua Umum PPP Romahurmuziy membagi-bagikan hewan kurban di Yogyakarta dan Jawa Tengah dalam momen Iduladha 1438 H, Jumat (1/9). Romahurmuziy menyerahkan seekor sapi jenis peranakan ongole (PO) kepada takmir Masjid Agung Kauman, Kebumen, Jawa Tengah.

Bahkan, pria yang karib disapa Romi ini menjadi khatib salat Iduladha di Alun-Alun Kebumen. Usai menjadi Khatib, Romi langsung menuju Kantor PP Muhammadiyah di Yogyakarta.

Dalam khotbahnya, Romi mengingatkan bahaya bahayanya berita hoaks. Dia mengatakan, isu SARA diviralkan di media sosial untuk menggangu kedamaian dan kebinekaan NKRI.

"Hoaks sering dimanfaatkan kelompok radikal dan kelompok tidak bertanggung jawab untuk memprovokasi yang merusak kedamaian dan kebhinekaan NKRI," papar Romi.

Karena itu, Romi menegaskan, berita hoaks harus dilawan untuk menjaga kebinekaan dan kedaulatan NKRI. Kalau dibiarkan, akan menjadi ancaman nyata bagi dinamika ekonomi dan politik.

Bahkan berpotensi menciptakan kegaduhan besar sehingga menciptakan rasa tidak aman dan mengganggu iklim investasi.

Romi menjelaskan berita hoaks juga harus ditangkal dengan tabayyun atau klarifikasi, menghidupkan nalar, memvalidasi secara masuk akal sehat dalam konteks ajaran Islam dari setiap informasi yang diterima. (boy/jpnn)



Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News