Jaga Kesehatan Otak dan Jantung dengan Cara Ini

Jaga Kesehatan Otak dan Jantung dengan Cara Ini
Ilustrasi. Seorang wanita sedang menghirup udara segar. Foto Women Healthy

jpnn.com - Hampir semua orang tahu bahwa berolahraga dan makan dengan seimbang adalah baik untuk tubuh Anda, termasuk bagi kesehatan otak dan jantung. Hal ini juga diungkapkan dr. Astrid Wulan Kusumoastuti dari KlikDokter.

Jaga pola makan, olahraga minimal 30 menit per hari, ditambah menjaga diri dari stres bisa membuat kedua organ tubuh itu bisa berjalan dengan baik.

Meski demikian, upaya untuk melakukannya sering menemui banyak godaan dan hambatan. Namun ada cara terbaru yang cukup mudah untuk membuat otak dan jantung Anda sehat, yaitu dengan Inspiratory Muscle Strength Training atau IMST.

Kenali metode IMST

Penelitian terbaru memperkenalkan teknik mudah dan hanya membutuhkan waktu 5 menit. Alat ini dapat meningkatkan tekanan darah, menurunkan risiko serangan jantung, meningkatkan kemampuan kognitif, dan meningkatkan kinerja olahraga. Menariknya, semuanya dilakukan nyaris tanpa harus bergerak.

Teknik ini disebut Inspiratory Muscle Strength Training (IMST) atau pelatihan kekuatan otot pernapasan. Tim yang dipimpin Daniel Craighead, peneliti di Departemen Fisiologi Integratif Universitas Colorado, telah menguji teknik ini dalam uji klinis.

"IMST pada dasarnya adalah latihan kekuatan lewat otot-otot pernapasan," ujar Craighead. Dia dan tim mempresentasikan hasil awal penelitian mereka pada konferensi Biologi Eksperimental tahunan yang tahun ini berlangsung di Orlando, Amerika Serikat.

Apa manfaat IMST?

Namun ada cara terbaru yang cukup mudah untuk membuat otak dan jantung Anda sehat.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News