Jahat! Itu Bukan Rumah Sandiaga Uno

Jahat! Itu Bukan Rumah Sandiaga Uno
Foto: Hoaks

jpnn.com, JAKARTA - Sebuah artikel dari blog breakingnewsterkini.blogspot.co.id disebar di sejumlah grup WhatsApp.

Menggemparkan!! Pukul 10.00 pagi tadi,,, KPK dan Polisi grebek rumah Sandi Uno terkait kasus korupsi dari 600 rumah sakit dengan nilai fantastis 194 miliar,,,,ternyata dibalik wajah santunnya dia ! Breaking News.

Kalimat yang dicetak tebal (bold) tersebut tentu sangat eye-catching. Ketika link itu diklik, Anda akan diarahkan ke sebuah artikel yang di dalamnya terdapat sebuah foto penyelidik KPK sedang melakukan penggeledahan di sebuah rumah.

Jawa Pos langsung bisa mendeteksi bahwa informasi itu hoaks. Sebab, foto yang dipasang bukan rumah Sandiaga Uno atau Sandi Uno.

Rumah itu merupakan tempat tinggal Gubernur (nonaktif) Sulawesi Tenggara Nur Alam di Jalan Mikasa D2, Patra Kuningan, Jakarta Selatan.

Nur Alam memang terjerat perkara dan ditangani KPK. Rumahnya pernah digeledah sesaat setelah dia ditetapkan sebagai tersangka pada 23 Agustus 2016.

Entah bagaimana ide menjadikan foto rumah Nur Alam itu sebagai hoaks untuk Sandiaga Uno. Padahal, Sandi tidak pernah ngontrak atau ngekos di rumah Nur Alam.

Dari penelusuran Jawa Pos, blog breakingnewsterkini tersebut mencomot foto portal berita tempo.co. Pencomotan itu dilakukan dengan cara screenshot. Itu bisa dilihat dari nama file foto di breakingnewsterkini.

Sebuah artikel dari blog breakingnewsterkini.blogspot.co.id disebar di sejumlah grup WhatsApp.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News