Jalan Pantura Terpadat Sedunia

Jalan Pantura Terpadat Sedunia
Jalan Pantura Terpadat Sedunia
JAKARTA - Seiring tumbuhnya perekonomian nasional, jalan pantai utara Jawa atau biasa disebut Pantura telah menjadi jalur dengan beban terberat dan paling padat di dunia. Sebab berdasarkan data yang ada, ruas jalur Pantura setiap hari setidaknya dilalui 40 ribu kendaraan berbagai jenis.

"Jika dibandingkan dengan Tiongkok, jalur Pantura masih lebih berat bebannya. Setiap hari paling tidak ada 40 ribu kendaraan berbagai jenis yang melalui Pantura, artinya mungkin ini merupakan jalur terpadat di dunia," ujar Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto dalam keterangan tertulisnya, Selasa (24/7).

Di samping jumlah kendaraan yang luar biasa banyaknya, jalur Pantura juga harus menanggung beban yang luar biasa pula. Sehingga jika diteliti lebih lanjut, tingkat keawetan jalan Pantura dan jalan di Indonesia sangat bergantung pada jumlah kendaraan dan beban yang melewat. "Kedua faktor tersebut yang membuat ruas jalan dan jembatan rusak sebelum waktunya," tandasnya."

Djoko berdalih perbaikan jalan di Indonesia yang sedang dikebut saat ini dilakukan bukan karena menjelang lebaran. Menurutnya, jalan dan jembatan itu mempunyai umur yang bias menurunkan kualitas dan kondisinya.

JAKARTA - Seiring tumbuhnya perekonomian nasional, jalan pantai utara Jawa atau biasa disebut Pantura telah menjadi jalur dengan beban terberat dan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News