Jalani Puasa, Manggala Agni KLHK Tetap Siaga Kendalikan Karhutla

Jalani Puasa, Manggala Agni KLHK Tetap Siaga Kendalikan Karhutla
Manggala Agni terus berupaya padamkan titik api. Foto: Humas KLHK

jpnn.com, JAKARTA - Manggala Agni KLHK tetap siaga di lapangan melakukan berbagai kegiatan pengendalian karhutla meskipun menjalani puasa.

Sejak awal Mei, Manggala Agni Provinsi Riau dan Sumatera Selatan melaksanakan patroli terpadu bersama para pihak.

Patroli terpadu sebelumnya juga telah dilaksanakan bulan Maret dan April di wilayah Kalimantan, seperti Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Timur.

Selain patroli terpadu, Manggala Agni juga melakukan kegiatan pemantauan titik panas (hotpsot), pengecekan lapangan, bahkan Manggala Agni juga melakukan pemadaman. 

Direktur Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan KLHK menyampaikan bahwa meskipun sebagian besar anggota Manggala Agni sedang menjalankan puasa, bukan berarti mereka mengurangi kesiapsiagaannya dalam mengantisipasi karhutla.

“Di bulan puasa ini, Manggala Agni tetap melakukan kegiatan lapangan seperti patroli, baik patroli terpadu bersama para pihak maupun patroli mandiri. Selain itu, Manggala Agni juga terus melakukan pemantauan hotspot, dan pengecekan lapangan pada hotspot yang terpantau”, tambah Raffles. 

Seperti yang dilakukan oleh Manggala Agni Daops Singkawang, Kalimantan Barat. Pengecekan lapangan atau groundcheck dilakukan di Desa Sebubus, Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas.

Jarak yang cukup jauh dan cuaca panas tidak mengurangi semangat Manggala Agni untuk mencapai titik lokasi. Hasil groundchek ditemukan areal yang masih terbakar dan segera dilakukan pemadaman dini. 

Patroli karhutla terpadu sebelumnya juga telah dilaksanakan bulan Maret dan April di wilayah Kalimantan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News