Jalur Tegal-Purwokerto Hancur, Kemacetan Mengular

Jalur Tegal-Purwokerto Hancur, Kemacetan Mengular
Jalan utama di Kecamatan Tonjong, Brebes sebagai jalur penghubung Tegal dan Purwokerto yang rusak parah. Foto: Radar Brebes/JPG

jpnn.com - jpnn.com - Jalan utama di Kecamatan Tonjong, Brebes yang menghubungkan Tegal-Purwokerto sudah lama mengalami kerusakan parah. Akibatnya, antrean kendaraan bisa mengular sekitar lima kilometer, mulai dari wilayah Karangsawah ke arah selatan hingga Jembatan Sungai Glagah.

Kondisi itu diperparah dengan adanya sejumlah kendaraan besar yang mengalami kerusakan akibat menerabas lubang. Bahkan, beberapa di antaranya nyaris terguling akibat kondisi jalan bergelombang dan berlubang.

Kamis (19/1), kemacetan di jalur utama Kecamatan Tonjong pun semakin parah. Antrean kendaraan sudah terjadi sejak pukul 01.00 dini hari.

Hal itu dipicu adanya truk tronton sarat muatan bata ringan yang terperosok tidak jauh dari jembatan Sungai Glagah. Kapolsek Tonjong AKP Misyanto mengatakan, truk yang terperosok itu melaju dari arah Tegal.

Namun, truk itu terperosok hingga nyaris terguling. “Berhenti dengan posisi miring dan terpaksa disangga menggunakan kayu, dampaknya lalu lintas berjalan bergantian," katanya.

Menjelang pagi, ada lagi truk pengangkut semen yang berjalan dari arah Purwokerto terperosok ke dalam lubang jalan di sekitar lapangan Tonjong, Desa Linggapura. Akibatnya, truk mengalami patah pada bagian per sehingga tidak bisa bergerak.

Tidak jauh dari lokasi itu, dua truk tronton lainnya juga mengalami kondisi serupa, tepatnya di depan Puskesmas Tonjong dan sekitar SMK Negeri 1 Tonjong.Kepala Pos Lantas Bumiayu Aiptu Sus Gundi Atmiko mengatakan, hingga siang terdapat empat titik kemacetan yang dipicu kendaraan bermasalah.

“Akibatnya jalur dilakukan buka tutup bergantian," jelas Aiptu Sus Gundi Atmiko selaku Kapos Lantas Bumiayu.

Jalan utama di Kecamatan Tonjong, Brebes yang menghubungkan Tegal-Purwokerto sudah lama mengalami kerusakan parah. Akibatnya, antrean kendaraan bisa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News