Jam Operasional di 3 Bandara ini Bakal Ditambah

Jam Operasional di 3 Bandara ini Bakal Ditambah
Bandara. Ilustrasi. Foto Yessy Artada/jpnn.com

jpnn.com - Kementerian Perhubungan akan menambah jam operasional selama tiga jam di sejumlah bandara, yakni Yogyakarta, Solo dan Semarang.

Hal ini disampaikan Menteri Perhubungan disela kunjungannya dalam mengecek kesiapan angkutan lebaran 2017 di Bandara Adisutjipto, Yogyakarta pada Senin (17/4).

"Saya lihat tadi Yogyakarta mempunyai tambahan 54 slot karena penambahan jam operasional bandara yaitu 1 jam slot pagi hari yang tadinya pukul 06.00 menjadi pukul 05.00 dan 3 jam slot malam hari dari pukul 21.00 sampai pukul 24.00. Selain itu pada saat lebaran slot yang dipakai untuk kegiatan militer (angkatan udara) kosong," ujar Budi.

Adapun penambahan jam operasional serta slot ini bertujuan untuk mengurangi kepadatan angkutan Lebaran di Jakarta.

"Kita tahu Jawa Tengah terutama Yogyakarta, Solo dan Semarang merupakan daerah tujuan utama untuk mudik. Saya coba meng-exercise Yogyakarta sebagai titik mudik saudara kita dari Jakarta, Sumatera, Sulawesi dan Kalimantan. Kalau ada pergerakan-pergerakan dari Sumatera, Kalimantan yang selama ini harus ke Jakarta dahulu, bisa langsung diarahkan ke sini (Yogyakarta) jadi Jakarta tidak penuh," jelas Budi.

Menurut mantan dirut AP II ini, dengan memanfaatkan penambahan slot akan memaksimalkan jumlah penumpang pada moda transportasi udara untuk Lebaran pada 2017.

"Perhitungannya kami bisa menampung 6000 sampai 9000 orang. Ini membantu manajemen mudik kita. Jadi kalau Jakarta penuh, mungkin yang dari Pontianak, Balikpapan, Banjarmasin, Palembang bisa langsung, tidak usah lewat Jakarta," tutur Budi.(chi/jpnn)


Kementerian Perhubungan akan menambah jam operasional selama tiga jam di sejumlah bandara, yakni Yogyakarta, Solo dan Semarang.


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News