Jangan Abaikan Tanda-tanda Kanker Prostat Ini

Jangan Abaikan Tanda-tanda Kanker Prostat Ini
Ilustrasi kanker prostat. Foto: Hallosehat

jpnn.com - Kanker prostat adalah penyakit paling umum ketiga di Amerika Serikat, dengan lebih dari 160.000 pria didiagnosis setiap tahun, menurut National Cancer Institute's Surveillance, Epidemiology dan End Result Program (SEER).

Kabar baiknya adalah kanker ini bisa disembuhkan. Lebih dari 98 persen pria yang didiagnosis dengan kanker prostat bertahan hidup selama lima tahun atau lebih. Tetapi persentase menurun ketika kita berbicara tentang kasus-kasus lanjutan. Begitu kanker telah menyebar ke organ yang jauh, maka tingkat kelangsungan hidup lima tahun hanya menjadi 30 persen, data SIER menunjukkan.

Itu sebabnya screening bisa bermanfaat. Sementara rekomendasi untuk skrining PSA masih kontroversial, sebuah penelitian yang baru diterbitkan tampaknya mendukung tes untuk pria yang lebih tua. "Bahkan, pria rata-rata harus mempertimbangkan pemeriksaan PSA (Prostate-Specific Antigen) untuk kanker prostat mulai dari usia 56 tahun dan berlanjut hingga usia 69 tahun dan lebih awal jika Anda orang Afrika Amerika atau memiliki riwayat keluarga kanker prostat," kata penasihat urologi, Larry Lipshultz, M.D., seperti dilansir laman MSN, Minggu (2/12).

Tapi inilah gejala kanker prostat yang bisa Anda ketahui lebih awal.

1. Tanda kanker prostat: Perubahan saluran kemih

Kelenjar prostat terletak di bawah kandung kemih dan uretra Anda. Ketika Anda buang air kecil, maka kandung kemih mendorong isinya ke prostat - yang memiliki pembukaan tubular untuk membiarkan urin lewat dan kemudian ke uretra.

Seiring bertambahnya usia, prostat Anda tumbuh - yang bisa dikenal sebagai hiperplasia prostat jinak atau pembesaran prostat - dan itu cenderung menyebabkan perubahan buang air kecil. Tapi tumor yang tumbuh di prostat Anda bisa menyebabkan masalah serupa kencing juga.

2. Darah di air mani atau air kencing Anda

pria rata-rata harus mempertimbangkan pemeriksaan PSA (Prostate-Specific Antigen) untuk kanker prostat mulai dari usia 56 hingga usia 69 tahun.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News