Janji Tak Islamisasi Pemerintahan

Hari Ini Mohammed Mursi Resmi Presiden Mesir

Janji Tak Islamisasi Pemerintahan
Janji Tak Islamisasi Pemerintahan
KAIRO – Hari ini, tepatnya pukul 11.00 waktu setempat (sekitar pukul 16.00 WIB), Mohammed Mursi bakal resmi menjadi presiden sipil pertama Mesir. Menjelang pelantikan bersejarah tersebut, pemimpin 60 tahun itu menyapa para pendukungnya di Tahrir Square kemarin (29/6). Dia berjanji untuk membuat Mesir terlahir kembali.

Berbeda dengan pelantikan presiden-presiden Mesir sebelumnya, kali ini, Mursi akan mengikrarkan sumpah kepresidenan di hadapan Mahkamah Konstitusi (MK). Pasalnya, sebelum pengumuman hasil pemilihan presiden (pilpres) pekan lalu, MK telah lebih dulu membubarkan parlemen. Padahal, biasanya, parlemen lah yang melantik para presiden Negeri Piramida tersebut.

”Pukul 11.00 Sabtu nanti (hari ini), Mursi akan berada di kantor MK dan mengikrarkan sumpah kepresidenan di hadapan majelis umum MK,” terang Kantor Berita MENA kemarin. Dengan bersedia menjalani pelantikan oleh MK, secara tidak langsung, Mursi menerima pembubaran parlemen beberapa waktu lalu. Tapi, dia berharap, anggota parlemen yang lama bisa kembali duduk sebagai wakil rakyat.

Massa berkumpul di Tahrir Square sejak kemarin pagi. Mereka sengaja memadati lapangan utama ibu kota tersebut untuk mendengarkan pidato Mursi sebagai presiden terpilih. ”Mursi akan berbicara di hadapan seluruh rakyat Mesir yang dia banggakan. Dia akan berbicara tentang program pemerintahannya demi kelahiran baru Mesir,” ujar Yasser Ali, jubir Mursi.

KAIRO – Hari ini, tepatnya pukul 11.00 waktu setempat (sekitar pukul 16.00 WIB), Mohammed Mursi bakal resmi menjadi presiden sipil pertama

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News