Jelang Asian Games 2018, Palembang Butuh 2 Ribu LO

Jelang Asian Games 2018, Palembang Butuh 2 Ribu LO
Asian Games 2018. Foto: Jawa Pos/JPNN

jpnn.com, PALEMBANG - Event hitung mundur setahun jelang pelaksanaan Asian Games 2018 bakal berlangsung fantastis. Baik itu di Lapangan Monas Jakarta maupun Benteng Kuto Besak (BKB) Palembang, malam ini (18/8).

Sebab, tak tanggung-tanggung pemerintah habiskan dana Rp15 miliar untuk acara ini saja.

Bahkan, Sekda Kota Palembang, Harobin Mastofa mengaku harus menggeser lokasi upacara HUT Ke-72 Kemerdekaan RI yang seyogianya dilaksanakan di Plaza BKB digeser ke Stadion Kamboja, kemarin (17/8).

“Ini bentuk dukungan penuh kami untuk memaksimalkan persiapan countdown,” jelasnya, seperti dilansir Sumatera Ekspres (Jawa Pos Group). Apalagi mengingat, Wapres Jusuf Kalla bakal menghadiri langsung event ini.

Jadi untuk memeriahkan acara, Kadis Pariwisata Kota Palembang, Isnaini Madani, mengungkapkan, pihaknya berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan (Dishub) dan PT SP2J untuk menyiapkan sejumlah kapal, perahu, atau bus air. “Sesuai permintaan penyelenggara, kami berusaha menampilkan yang terbaik. Apalagi ajang ini bakal menjadi sorotan internasional,” cetusnya.

Jadi sambil menonton show di plaza BKB, pengunjung juga bisa menikmati suguhan kreativitas dan penampilan para artis dari atas perahu di Sungai Musi. “Ini akan menampilkan image Palembang sebagai kota sungai yang kental budaya,” ujarnya. Artinya tak hanya kesiapan venue dan lokasi wisata, pihaknya berharap masyarakat mendukung Palembang sebagai tuan rumah yang baik.

Kadis Kebudayaan Kota Palembang, Sudirman Tegoeh menerangkan pemkot juga tengah menyiapkan Tugu Belido saat countdown berlangsung. “Nanti kita fungsikan maksimal dengan semburan air menggunakan 4 pompa berdaya 13.000-15.000 Watt,” ujarnya. Satu ditanam di bawah untuk menyedot air, tiga di atas untuk menyemburkan air sesuai target jangkauan 50 meter. Dengan lampu laser, ini akan menimbulkan suasana yang menakjubkan.

Nah, kemarin (17/8) petang, pihaknya sudah melakukan uji coba semburan Tugu Belido. “Kendati masih belum maksimal, kita harap besok malam (hari ini, red) bisa menyembur sempurna,” sebutnya. Apalagi pihaknya sudah melakukan penyambungan pipa yang serupa dengan pipa yang ada di Patung Merlion, Singapura.

Event hitung mundur setahun jelang pelaksanaan Asian Games 2018 bakal berlangsung fantastis. Baik itu di Lapangan Monas Jakarta maupun Benteng Kuto

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News