Jelang Puasa Ramadan, Konsumsi Makanan ini agar Tubuh Tetap Fit

Jelang Puasa Ramadan, Konsumsi Makanan ini agar Tubuh Tetap Fit
Ilustrasi. Seorang wanita sedang menghirup udara segar. Foto Women Healthy

jpnn.com - Aktivitas puasa Ramadan sebentar lagi akan dimulai. Untuk itu kita harus menjaga pola makan yang sehat karena saat Ramadan tidak akan berjalan seperti biasanya.

Di saat pola makan berubah dan energi untuk beraktivitas tetap berjalan normal, sistem imunitas tubuh bisa saja mengalami penurunan. Maka dari itu, konsumsi makanan-makanan ini agar tubuh tetap fit selama puasa Ramadan.

Mengembalikan energi saat buka puasa

Ketika berbuka puasa, yang pertama kali dibutuhkan adalah makanan tinggi cairan, rendah lemak, dan makanan yang mengandung beberapa gula alami untuk mempercepat proses pengembalian energi (hindari mengkonsumsi banyak makanan atau minuman dengan tambahan gula). Di bawah ini adalah beberapa contoh:

1. Minuman seperti air putih, susu, jus buah atau smoothie

Air putih akan memberikan hidrasi tanpa tambahan kalori atau gula tambahan. Minuman yang berbahan dasar susu dan buah ditambah gula dan nutrisi alami juga baik untuk berbuka puasa. Tapi hindari terlalu banyak konsumsi minuman dengan gula tambahan setelah berbuka puasa karena ini dapat memberikan terlalu banyak gula dan kalori.

2. Kurma

Kurma sering menjadi hidangan berbuka puasa sejak zaman Nabi Muhammad SAW, kurma adalah cara yang bagus untuk berbuka puasa karena mereka menyediakan gula alami untuk energi, menyediakan mineral seperti kalium, tembaga dan mangan, dan merupakan sumber serat. Anda juga bisa mencoba buah-buahan kering lainnya seperti aprikot, buah ara, kismis atau prem, yang juga menyediakan serat dan nutrisi.

Di saat pola makan berubah lantaran puasa dan energi untuk beraktivitas tetap berjalan normal, sistem imunitas tubuh bisa saja mengalami penurunan.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News