Jelang Ramadan, Peziarah ke Kuburan Makin Ramai

Jelang Ramadan, Peziarah ke Kuburan Makin Ramai
Ilustrasi kuburan. Foto: JPNN

jpnn.com, DEPOK - Menjelang Ramadan, makin banyak warga Jakarta dan sekitarnya yang mengunjungi tempat pemakaman umum (TPU). Mereka membawa air, bunga, sapu, dan tikar.

Biasanya, para peziarah ini membersihkan kuburan keluarganya kemudian menyiramnya dengan air bunga. Banyak juga yang sengaja memanggil ustaz untuk minta didoakan.

Bagi yang tidak mau repot membawa perlengkapan ziarah, di TPU sudah disiapkan segala keperluan. Peziarah tinggal membayar sewa alat kepada penjaga makam. Begitu juga air dan bunga sudah disiapkan, tinggal beli kepada pedagang bunga.

Banyaknya peziarah, memberikan peluang bagi pedagang bunga dan penjaga makam. Mereka bisa menjual sepaket bunga dan air lebih dua kali lipat dari harga biasa seperti terpantau di TPU Meruyung.

Tahu bila TPU itu berada di kompleks perumahan, pedagang memasang harga Rp 50 ribu. Biasanya satu paketnya Rp 25 ribu.

"Yah anggap sedekah untuk mereka lah. Daripada capek-capek cari bunga, ini tinggal beli saja," kata Rani, salah satu peziarah, Minggu (14/5).

Dari pantauan, yang berziarah tidak hanya orang dewasa, anak kecil pun dibawa. Di hari libur, TPU ini makin ramai dikunjungi.(esy/jpnn)


Menjelang Ramadan, makin banyak warga Jakarta dan sekitarnya yang mengunjungi tempat pemakaman umum (TPU). Mereka membawa air, bunga, sapu, dan tikar.


Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News