Jempolan, Mahasiswi Ini Buat Pasta Gigi Berbahan Baku Apel

Jempolan, Mahasiswi Ini Buat Pasta Gigi Berbahan Baku Apel
Luh Putu Widiasih saat menunjukkan hasil penelitiannya berupa pasta gigi yang terbuat dari apel dengan varietas manalagi. Foto: ABDULLAH MUNIR/RADAR SURABAYA/JPNN.com

jpnn.com, SURABAYA - Kreativitas seorang Luh Putu Widiasih patut diacungi jempol. Mahasiswi Jurusan Farmasi Universitas Katolik Widya Mandala (UKWM) Surabaya, Jawa Timur menyempurnakan pasta gigi yang diformulasikannya.

Pasta gigi itu berasal dari apel, bukan rasa apel. Dengan kurun waktu penelitian selama kurang lebih enam bulan, kulit dan biji apel dibuat jadi pasta gigi.

Pasta gigi ini bertekstur gel opaque yang dibuat dari buah apel dengan varietas manalagi.

Kini pasta gigi tersebut diperkenalkan dengan merek Apple Dyne kepada masyarakat luas yang tentu saja dari bisnisnya turut membantu perekonomian petani buah lokal.

“Bahan bakunya mudah didapat kok. Di Malang, misalnya. Jika biasanya apel hanya menjadi olahan makanan atau minuman, buah apel juga bisa dijadikan bahan pembuatan pasta gigi. Ini bisa sebagai alternatif lain pemanfaatan buah apel sendiri,” ujar Widia, sapaan akrabnya, saat ditemui di Laboratorium Farmasetika Lanjut UKWM Surabaya seperti yang dilansir Radar Surabaya (Jawa Pos Group).

Dia menjelaskan varietas manalagi dipilihnya karena pada varietas buah dengan nama ilmiah Pyrus malus ini, zat aktif katekinnya cenderung melimpah.

“Ternyata apel punya khasiat anti bakteri Streptococcus mutans. Bakteri ini adalah penyebab plak gigi yang bisa menyebabkan karies kalau tidak segera diatasi,” jelasnya.

Mahasiswi kelahiran Surabaya ini pun lantas menjelaskan proses awal pembuatan pasta gigi yang dapat dipakai oleh segala umur ini.

Kreativitas seorang Luh Putu Widiasih patut diacungi jempol. Mahasiswi Jurusan Farmasi Universitas Katolik Widya Mandala (UKWM) Surabaya, Jawa Timur

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News