Jenazah Rahmalia TKI yang Meninggal di Malaysia Tiba di Aceh

Jenazah Rahmalia TKI yang Meninggal di Malaysia Tiba di Aceh
Prosesi penjemputan jenazah TKW asal Aceh Utara yang meninggal di Malaysia, Rahmalia, saat tiba di Bandara Kualanamu, Sumatera Utara, Kamis (29/11). Foto: rakyataceh/jpg

jpnn.com, BANDA ACEH - Jenazah Rahmalia Binti M. Jafar, dipulangkan ke kampung halamannya di Gampong Meunasah Dayah SPK, Kecamatan Simpang Keuramat, Aceh Utara, Kamis (29/11).

Jenazah almarhumah diterbangkan pukul 08.30 waktu Malaysia menuju Bandara Kualanamu, Sumatera Utara menggunakan maskapai MA- 806.

Sempat beredar kabar, Rahmalia merupakan TKW asal Aceh yang menjadi korban pemerkosaan dan pembunuhan di Malaysia. Namun belakangan dibantah masyarakat Aceh di negeri jiran yang terlibat memulangkan jenazah.

Anggota DPD RI asal Aceh H. Sudirman alias Haji Uma turut membantu pemulangan jenazah, bersama Ketua Kesatuan Aneuk Nanggroe Aceh (KANA) di Malaysia, Abusaba dan Kedutaan Besar Republik Indonesesia (KBRI) Malaysia.

Menurut Haji Uma, pemulangan jenazah sempat tertunda akibat isu Rahmalia merupakan korban perkosaan. Katanya, berita tersebut beredar luas di Malaysia dan di Indonesia, sehingga sempat menyulitkan Abusaba selaku kuasa pihak keluarga dalam pengurusan administrasi pemulangan jenazah.

“Almarhumah adik kita Rahmalia meninggal secara wajar kemudian dibawa ke hospital (rumah sakit), tidak benar Rahmalia meninggal karena pembunuhan atau perkosaan, saya terlibat langsung dalam pengurusan jenazah ini," kata Haji Uma mengutip pernyataan Abusaba.

Abusaba juga menjelaskan dalam melaksanakan fardhu kifayah jenazah ikut dibantu oleh Persatuan Anak Rantoe Panyang Klang termasuk bantuan biaya yang tidak mencukupi semasa di Malaysia.

Sementara itu, untuk memudahkan pemulangan jenazah Rahmalia yang sempat terhambat, Haji Uma terus berkoordinasi dengan KBRI Malaysia dan meminta difasilitasi termasuk mendukung penuh upaya pemulangan jenazah yang dilakukan oleh Abusaba mewakili dirinya di Malaysia.

Jenazah Rahmalia Binti M. Jafar, dipulangkan ke kampung halamannya di Gampong Meunasah Dayah SPK, Kecamatan Simpang Keuramat, Aceh Utara, Kamis (29/11).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News