Jepang Tangkap WN Israel Penyelundup 220 Kg Emas

Jepang Tangkap WN Israel Penyelundup 220 Kg Emas
Ilustrasi emas batangan. Foto: Pixabay

jpnn.com, TOKYO - Pihak berwenang Jepang menemukan 220 kg emas batangan yang disembunyikan dalam komponen mobil. Emas senilai USD 17 juta itu diselundupkan dari Hong Kong oleh dua warga negara Israel.

Pejabat bea cukai mengatakan kepada surat kabar Asahi bahwa orang-orang itu dicurigai menghindari pajak yang akan dikenakan pada emas jika masuk lewat jalur resmi.

Pemerintah Jepang menaikkan pajak konsumsi nasional dari 5 persen menjadi 8 persen pada tahun 2014, membuat harga emas jauh lebih mahal daripada di pasar lain seperti Hongkong. Di Hong Kong emas tidak dikenakan pajak.

Hal ini telah memunculkan sejumlah kasus penyelundupan emas ke Jepang. Beberapa penyelundupan melibatkan kapal penangkap ikan. Bahkan ada turis wanita dari Korea Selatan yang tiba di Jepang dengan menyelundupkan emas yang dijahit ke dalam pakaian dalam mereka.

Polisi menangkap kedua orang Israel pelaku penyelundupan itu setelah mengawasi mereka selama berbulan-bulan. Mereka diperkirakan telah menyelundupkan hingga 4 ton emas ke Jepang dalam setidaknya 50 pengiriman antara Maret dan November 2017.

Pihak berwenang menyebut Cohen dan Rosen merupakan eksekutif di sebuah perusahaan yang mengimpor logam mulia. Mereka dibantu oleh setidaknya satu orang di Hong Kong. (jpc)


Polisi Jepang berhasil mengungkap penyelundupan emas oleh dua warga negara Israel


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Jawapos.com

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News