Jika Kuota PPDB 2019 Sudah Terpenuhi tetapi Masih Banyak Pendaftar

Jika Kuota PPDB 2019 Sudah Terpenuhi tetapi Masih Banyak Pendaftar
Sejumlah anak dan orangtua saat menunggu dibukanya loket PPDB di SMK Negeri 1 Bojonggede, Kabupaten Bogor, Rabu (19/6). Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah daerah dilarang menambah rombongan belajar (rombel) dan ruang kelas baru dalam PPDB (penerimaan peserta didik baru) 2019.

Apabila berdasarkan hasil seleksi PPDB, sekolah memiliki jumlah calon peserta didik yang melebihi daya tampung, harus dilaporkan ke Dinas Pendidikan.

"Kalau jumlah peserta membeludak dan melebihi daya tampung, sekolah wajib melaporkan kelebihan calon peserta didik tersebut kepada Dinas Pendidikan sesuai dengan kewenangannya," kata Mendikbud Muhadjir Effendy, Rabu (19/6).

Dinas Pendidikan, lanjutnya, wajib menyalurkan kelebihan calon peserta didik pada sekolah lain dalam zonasi yang sama.

"Kalau kuota sudah cukup tapi masih banyak peserta yang daftar, tidak boleh paksakan menampung semuanya. Peserta didik disalurkan ke sekolah lain dalam zonasi terdekat," papar Muhadjir.

BACA JUGA: Ombudsman Nilai Kemendikbud Gagal Menjelaskan PPDB Sistem Zonasi

Dia menegaskan, dalam Permendikbud 51/2018 sudah diatur tentang daya tampung peserta didik. Dalam pelaksanaan PPDB, sekolah yang diselenggarakan pemerintah daerah dilarang menambah jumlah rombel. Jika rombel yang ada telah memenuhi atau melebihi ketentuan dalam standar nasional pendidikan.

"Selain itu, pemda tidak boleh menambah ruang kelas baru," ucapnya.

Dalam Permendikbud 51/2018 sudah diatur tentang daya tampung peserta didik dalam pelaksanaan PPDB 2019.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News