JK: Menyangkut 50 Juta Siswa, Persiapan Sekolah Lima Hari Harus Matang

JK: Menyangkut 50 Juta Siswa, Persiapan Sekolah Lima Hari Harus Matang
Wakil Presiden M Jusuf Kalla. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Presiden Jusuf Kalla menuturkan persiapan untuk penerapan sekolah lima hari secara menyeluruh butuh waktu minimal setahun.

Persiapan itu menyangkut kesiapan sarana prasarana sekolah, guru, siswa, hingga orang tua. Apalagi, kebijakan full day school itu termasuk kebijakan mendasar yang menyangkut pendidikan sedikitnya 50 juta anak sekolah.

"Maka, persiapannya harus matang betul," ujar JK di kantor Wakil Presiden, kemarin (20/6).

JK memang menjadi salah satu yang menilai penerapan full day school atau sekolah lima hari hingga sore itu perlu dikaji ulang.

Dia menegaskan kebijakan yang menyangkut 50 juta siswa itu tidak sepatutnya diputuskan di level menteri. Tapi, harus di tangan Presiden Joko Widodo.

"Ini butuh banyak masukan. Saya kira nanti setelah masukan-masukan itu presiden akan keluarkan peraturan," imbuh JK.

Sejauh ini, program Mendikbud Muhadjir Effendy itu memang menuai pro dan kontra. Pengurus Besar Nahdatul Ulama (PBNU) menolaknya. Sedangkan, PP Muhammadiyah mendukungnya.

JK mengungkapkan bahwa konsep sekolah lima hari itu semestinya dibuat dengan fleksibel. Selama delapan jam itu tidak melulu duduk di dalam kelas.

Wakil Presiden Jusuf Kalla menuturkan persiapan untuk penerapan sekolah lima hari secara menyeluruh butuh waktu minimal setahun.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News